Mother&Baby Indonesia
5 Tips Agar Si Kecil Tidak Pilih-Pilih Makanan

5 Tips Agar Si Kecil Tidak Pilih-Pilih Makanan

Waktu makan Si Kecil terkadang menjadi sebuah tantangan tersendiri ya, Moms. Apalagi jika Si Kecil sudah bisa menggunakan lidahnya untuk mendorong makanan keluar dari mulutnya. Walaupun sulit, jangan menyerah untuk memberinya variasi makanan. Pasalnya, kebiasaan makan pada balita ini akan berlanjut sampai dewasa nanti. Akan lebih sulit untuk membiasakan anak berusia 6 tahun untuk makan, dibanding pada usia bayi dan balita. Nah, berikut beberapa tips untuk mempermudah perjuangan Anda:

 

1. Ubah Mind-Set
Jangan melihat proses Si Kecil belajar makan seperti pertandingan lari jarak pendek. Menurut feeding expert Karen Le Billon, Ph.D., penulis buku Getting to Yum: The 7 Secrets of Raising Eager Eaters, mengajarkan rasa juga butuh latihan dan kesabaran. Penelitian membuktikan bahwa Si Kecil mulai menyukai makanan setelah diberikan 8-9 kali, sementara banyak orang tua berhenti pada percobaan ketiga. Wah, harus lebih gigih lagi ya, Moms!



 

2. Biarkan Berantakan
Jangan terburu-buru membersihkan bekas makanan Si Kecil yang tumpah atau marah ketika ia berhasil merebut makanan dari Anda. Memegang dan meremas makanan adalah cara mereka untuk belajar tentang tekstur dan makanan itu sendiri. Jadi, jangan menghalangi proses belajarnya ya, Moms.

 

3. Prioritaskan Ketenangan saat Makan Bersama
Ketika Si Kecil enggan makan, bisa jadi itu adalah respons karena suasana makan yang tegang. Makan malam keluarga adalah momen kebersamaan dimana anggota keluarga saling mengobrol, bukan waktu yang tepat untuk menghitung berapa suapan yang sudah masuk ke mulut Si Kecil. Hal yang sebaiknya Anda lakukan adalah makan makanan Anda seperti biasa dan tidak mengganggu Si Kecil makan. Biarkan ia melihat Anda dan Dads menikmati suasana makan yang nyaman dan ia akan lebih semangat untuk makan.



 

4. Hindari Kids Menu
Walaupun selalu terlihat menarik, sebaiknya Anda menghindari memesan kids menu ketika sedang makan di luar. Pasalnya, menu ini cenderung berisi nugget dan kentang. Lebih baik Anda membagi sebagian dari makanan Anda untuk Si Kecil.

 

5. Komunikasi Positif
Jangan lupa untuk selalu berkomunikasi pada waktu makan. Katakan hal-hal sederhana seperti “Yuk, duduk dan nikmati makanan ini.” Lakukan hal yang sama ketika Si Kecil hanya ingin beberapa jenis makanan, cobalah katakan “Kita tidak makan makanan yang sama setiap hari, beberapa hari lagi kita baru akan memakannya ya.” Walaupun Si Kecil belum mengerti maksudnya, tapi hal tersebut akan membantunya belajar tentang kebiasaan makan sehari-hari. (Nadia/HH/Dok. Pixabay.com)

 



Tags: tips,   balita,   makan,   picky_eater










Cover Mei-Juni-Juli 2020