Home - Balita - Perawatan Balita / 21 Juli 2017 / Redaksi

5 Cara Efektif Menghentikan Penggunaan Dot pada Anak

Moms, apakah Anda sulit menghentikan kebiasaan Si Kecil minum dari dot? Nah, sebetulnya anak tidak boleh memakai dot terlalu lama, apalagi selama bertahun-tahun. Alasannya karena dapat menimbulkan karies gigi, infeksi telinga, bahkan obesitas. American Academy of Pediatrics (AAP) sendiri merekomendasikan agar anak berhenti minum dari dot dan botol susu ketika usianya 9 bulan. Karena di usia tersebut, ia sudah bisa minum dari sippy cup atau gelas isap. Sayangnya, masih banyak anak yang tidak bisa lepas dari dot bahkan hingga usianya 2 dan 3 tahun.

 

Buat Moms yang sudah "kehabisan akal" untuk menghentikan kebiasaan Si Kecil ini, Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) punya beberapa trik yang mempan untuk menghentikan anak minum dari dot. Apa saja caranya?



 

1) Singkirkan semua dot dan botol susu yang sering dipakai anak. Lakukan itu di depannya. Lalu gantilah dengan gelas. Beritahu anak bahwa sekarang ia sudah bisa minum dari gelas, seperti ibu dan ayah.

 

2) Saat membeli gelas, ajaklah anak untuk memilih jenis atau bentuk yang disukainya. Dengan begitu, ia makin bersemangat minum dari gelas barunya. Bawa anak ke toko yang menjual peralatan makan dan minum anak ya, Moms. Pastinya ada banyak macam gelas yang menarik dengan warna dan gambar berbeda.

 

3) Apabila cara sebelumnya belum berhasil juga, coba upayakan menghentikan penggunakan dot secara perlahan. Misalnya, saat siang hari berikan gelas dan di malam hari anak boleh minum dari dot. Dengan demikian, secara bertahap anak akan mengurangi penggunaan dot.



 

4) Seringkali Si Kecil merasa tidak nyaman ketika Anda mengambil dot, terutama ketika akan tidur di malam hari. Nah, cobalah berikan kenyamanan lain pada Si Kecil, misalnya dengan memberinya boneka ataupun bantal kesayangannya untuk didekap saat tidur.

 

5) Jangan lupa memberi pujian kepada anak saat mencoba minum dari gelas untuk pertama kalinya ya, Moms!

 

Semoga cara-cara di atas bisa membantu Anda, ya! (Meiskhe/HH/dok.Freepik)

 

 


RELATED ARTICLE

Resep Makanan untuk Anak yang Tak Suka Sayur dan Buah

6 Minuman yang Menyehatkan untuk Balita

5 Trik Jitu Mengajak Anak ke Salon untuk Pertama Kali

OTHER ARTICLES

10 Cara untuk Menjadi Ayah yang lebih Baik

Efek Vakum pada Ibu Melahirkan

5 Mitos dan Fakta Mengenai Kecerdasan Newborn

Total Body Workout, Olahraga Efektif untuk Para Moms

15 Cara untuk Mencegah Speech Delay pada Anak