Mother&Baby Indonesia
6 Minuman yang Menyehatkan untuk Balita

6 Minuman yang Menyehatkan untuk Balita

Moms, asupan makanan untuk Si Kecil tentu sangat penting kita perhatikan. Begitupun asupan cairan untuk Si Balita. Ya, anak membutuhkan asupan cairan yang cukup agar ia tidak mengalami kondisi lemas dan dehidrasi. Nah, untuk anak usia balita, setidaknya ia harus mengonsumsi cairan sekitar 5-6 gelas setiap hari. Cairan itu bisa berupa air putih dan susu.

 



Namun, selain cairan bersumber dari air putih dan susu, ada beberapa minuman lain yang boleh dikonsumsi balita. Seperti dilansir dari Motherandbaby.co.uk, manfaat yang diperoleh dari minuman-minuman itu hampir sama dengan air putih dan susu. Nah, berikut rekomendasi minuman tersebut!


1) Air Kelapa

Air kelapa baik bagi balita karena mengandung vitamin C dan kalsium yang bisa mencegah dehidrasi, terutama saat Si Kecil sakit. Garam yang hilang dalam tubuh anak ketika sakit dan diare dapat diganti dengan mengonsumsi air kelapa.


2) Smoothies

Smoothies buah yang Anda bikin sendiri untuk anak mengandung gula alami sehingga tak perlu khawatir akan merusak giginya. Menurut ahli nutrisi, sajikan porsi kecil smoothies sebagai dessert, untuk mengganti puding. Smoothies bisa dibuat dari campuran pisang, stroberi, yogurt dan susu alami.


3) Susu Stroberi

Anda bisa membuat susu rasa stroberi sendiri untuk anak. Caranya dengan menghaluskan buah stroberi dan campurkan ke dalam susu.




4) Jus buah tanpa gula

Buatkan Si Kecil jus dari buah segar dan jangan menambahkannya dengan gula atau pemanis buatan. Perhatikan pula takaran jus yang diberikan. Untuk anak usia 4-5 tahun asupan jus buah dibatasi 120-180 ml per hari.


5) Air Lemon

Mencampur air putih dengan perasan lemon dapat menjadi sumber hidrasi yang baik untuk anak, sekaligus baik untuk pencernaannya. Anda dapat memberikan air lemon ini pada saat anak bermain di luar ruangan.


6) Homemade Hot Chocolate

Karena balita tidak dianjurkan minum teh dan kopi maka sebagai gantinya Anda bisa membuatkan minuman cokelat panas. Tambahkan susu dan potongan cokelat. Tapi, minuman ini hanya berlaku bagi anak di atas usia 2 tahun ya, Moms! (Meiskhe/HH/dok.Freepik)

 



Tags: balita,   nutrisi,   minuman,   cairan,   air_putih,   susu,   jus,   air_kelapa,   smoothies,   hidrasi