Home - Kehamilan & Persalinan - Panduan Ibu Baru / 7 Juli 2017 / Redaksi

Tips Merawat Tubuh Pasca Melahirkan

Moms, tubuh Anda berubah usai melahirkan? Ya, itu wajar dan hampir dialami semua wanita melahirkan. Aktivitas mengasuh, merawat dan menyusui Si Kecil yang baru lahir membuat Anda merasa lelah bahkan kurang tidur. Alhasil, kulit menjadi kusam dan kering. Bahkan, rambut Anda juga akan kering dan Anda mungkin mengalami kerontokan rambut selama menyusui.

 

Nah, berbeda saat Anda sedang hamil dimana hormon kehamilan meningkat seiring meningkatnya volume darah sehingga justru membuat kuku Anda tumbuh lebih cepat, rambut Anda terlihat lebih tebal dan bercahaya.


Lalu, bagaimana untuk mengembalikan kondisi tubuh seperti itu pasca melahirkan? Coba tips berikut ini Moms:


1. Tidur yang Cukup
Moms, mustahil rasanya bisa tidur yang cukup sejak melahirkan Si Kecil. Kurangnya waktu tidur dapat membuat kulit Anda kering, kusam, dan kurang bercahaya. Coba libatkan suami atau keluarga untuk membantu bergantian mengasuh Si Kecil. Ketika bayi tidur, Anda istirahat juga. Oh ya, jangan lupa Moms untuk selalu gunakan pelembap kulit agar kulit tak kering.


2. Minum Air
Moms perlu minum banyak air. Ini penting, terlebih Anda sedang menyusui. Bayi Anda mungkin minum ASI sebanyak satu liter setiap hari. Jika kurang minum, Anda akan merasa lelah, sakit kepala, bahkan membuat kulit menjadi kering.


3. Potong Rambut
Selama rentang waktu menyusui, Anda mungkin mengalami masalah rambut benar-benar kering dan kusam. Bahkan, beberapa ibu baru mengalami sedikit kehilangan rambut atau rontok pasca-melahirkan. Namun, jangan khawatir, Moms. Ini semua akan kembali normal di kemudian hari. Tapi alternatif lain, agar terlihat tetap indah, tak ada salahnya mencoba potong rambut di salon favorit Anda.

Oh ya, Anda juga dapat mencoba menggunakan masker rambut untuk digunakan selama berada di rumah. Hal lain yang bisa dilakukan, cobalah habiskan waktu di salon untuk merawat rambut saat weekend tiba. (Seva/HH/Dok. freepik)


 







RELATED ARTICLE

3 Cara Mengatasi Sering Ngompol Usai Melahirkan

4 Cara Mengatasi Postpartum Depression

Depresi, Seorang Ibu dan Bayi Terjun dari Apartemen!




OTHER ARTICLES

10 Tanda Kehidupan Seks Anda Sehat

Tantangan Mengonsumsi Menu Anak di Restoran Cepat Saji

5 Gaya Asuh Orang Tua Milenial

5 Hal yang Bisa Ditiru dari Orang Tua Skandinavia

Saat Si Kecil Sering Mengucapkan 'Tidak'