Mother&Baby Indonesia
3 Cara Mengatasi Sering Ngompol Usai Melahirkan

3 Cara Mengatasi Sering Ngompol Usai Melahirkan

Setelah melahirkan, apakah Anda terkadang merasa seperti 'mengompol'? Tiba-tiba air kemih tanpa sengaja keluar saat Anda tertawa, batuk atau melakukan aktivitas berat. Tak perlu khawatir, ini hal yang lumrah, Moms!


Ya, lebih dari sepertiga perempuan setelah melahirkan mengalami hal tersebut. Ini terjadi karena kehamilan dan persalinan telah melemahkan otot-otot di sekitar kandung kemih dan pinggul Anda. Akibatnya, Anda sulit mengendalikan aliran air seni.




Umumnya, diperlukan waktu selama 3-6 bulan atau bahkan lebih lama untuk mendapatkan kembali kandung kemih seperti sedia kala. Nah, untuk sementara, Anda bisa gunakan panty liner untuk menyerap air seni yang keluar tak sengaja ini. Jangan lupa untuk sesering mungkin mengganti panty liner ya, Moms! Lalu, lakukan hal-hal berikut unutk mempercepat kembalinya kandung kemih:


1. Senam Kegel
Ini adalah latihan kekuatan otot dasar pinggul akan membantu mempercepat kembalinya kandung kemih seperti sedia kala.




2. Menurunkan Berat Badan
Mulailah menurunkan berat badan agar lemak yang menekan kandung kemih tidak terlalu banyak.


3. Buang Air Besar Secara Teratur
Usahakan untuk menghindari sembelit dengan mengonsumsi makanan yang mengandung banyak serat. Dengan begitu, usus yang penuh tidak akan menambah tekanan pada kandung kemih Anda. (Seva/HH/Dok. freepik)

 



Tags: melahirkan,   kandung kemih,   persalinan