Mother&Baby Indonesia
4 Tips Agar Bahagia di Tempat Kerja

4 Tips Agar Bahagia di Tempat Kerja

Moms, tak bisa dipungkiri, ada banyak ibu yang memilih untuk tetap bekerja meski sudah memiliki momongan. Namun, menyeimbangkan diri antara pekerjaan, suami, dan anak bukanlah hal yang mudah. Di tengah tekanan yang tinggi seperti itu, bisakah ibu bekerja bahagia? Jawabannya, tentu bisa! Cathy L. Greenberg, PhD, penulis “What Happy Working Moms Know” berkata bahwa ibu bekerja bukan hanya bisa bahagia, tapi harus bahagia! Menurut Cathy, kebahagiaan itu berbanding lurus dengan kesehatan, lho. Karena itu, yuk kita tetap happy walau jadi ibu bekerja yang penuh tuntutan. Bagaimanakah caranya?

 

1. Berpikir Positif
Agar bisa bahagia, kunci utamanya adalah selalu berpikir positif. Jika bertemu dengan pilihan atau tugas yang sulit, jangan ragu untuk memutuskan yang terbaik buat Anda. Kemudian, berbanggalah dengan keputusan tersebut. Hindari pikiran-pikiran negatif seperti “Apa aku bisa, ya?” atau “Sepertinya ini tidak mungkin...”. It's a big no!



 

2. Selalu Bersyukur
Sebelum berangkat ke tempat kerja, sempatkan diri untuk bersyukur atas apa yang telah Anda miliki. Entah itu anak yang sudah bisa membaca, suami yang sabar, atau pekerjaan yang baik. Begitu pula jika Anda sudah sampai di tempat kerja. Temukan hal-hal baik yang ada di sekeliling Anda dan bersyukur meskipun itu adalah hal kecil. Rekan kerja yang membagikan cupcake gratis pada Anda juga patut disyukuri, lho!

 



3. Berbagi Kebahagiaan
Kebahagiaan kita akan berlipat ganda jika kita membagikannya, Moms! Cobalah buat “Happiness Project” untuk rekan sekantor. Misalnya, membuatkan teh hangat untuk rekan kubikel sebelah saat deadline menumpuk tanpa diminta. Jangan lupa untuk selalu tersenyum sepanjang hari untuk menularkan kebahagiaan Anda!

 

4. Selipkan Istirahat Singkat
Seringkali tanpa disadari, kita terlalu fokus bekerja hingga kepala penat. Bekerja terus-menerus di depan komputer atau laptop juga membuat mata kita lelah. Cobalah untuk menyelipkan istirahat singkat misalnya setiap dua jam sekali merenggangkan badan, putar kepala, lalu tarik napas dalam-dalam. Keluarkan napas Anda pelan-pelan agar tubuh Anda merasa rileks. Anda juga bisa berdiri dan mengitari ruangan sebentar untuk melemaskan kaki.
 

Selamat mencoba, Moms! (Lydia/Meiskhe/HH/dok.Freepik)



Tags: keluarga,   ibu,   karir,   wanita,   kerja. pekerjaan,   kantor,   bahagia,   tips,   happy










Cover April 2020