Mother&Baby Indonesia
'BBM' Konsep Keuangan yang Perlu Diajarkan pada Anak

'BBM' Konsep Keuangan yang Perlu Diajarkan pada Anak

Moms, ada 3 konsep keuangan yang perlu diajarkan kepada Si Kecil sejak dini. Konsep itu adalah BBM. Tapi bukan Bahan Bakar Minyak ya, Moms melainkan Belanja, Berbagi, dan Menabung. Menurut Liqwina Poerwo-Hananto, seorang konsultan keuangan, banyak orangtua yang mengajarkan anaknya untuk menabung, tetapi tidak semua mengajarkan untuk berbagi atau belanja. Padahal dengan konsep ini, anak kelak dapat memahami dan terbiasa untuk tidak sekadar menghabiskan uangnya, tetapi juga untuk membantu sesama dan mempersiapkan masa depannya.

 

1. Belanja
Mungkin Moms bingung untuk apa Si Kecil diajarkan belanja? Faktanya, anak yang tidak diajarkan belanja sejak kecil, akan kesulitan mengontrol hasrat untuk belanja di kemudian hari. Padahal belanja adalah salah satu kunci sukses untuk menabung! Oleh karena itu, tanyakan kepada Si Kecil ingin digunakan untuk apa uangnya, setiap kali ia mendapat 'angpao' dari keluarga atau teman Anda. Meski memberi kebebasan, pastikan permintaannya masih masuk akal untuk anak seusianya ya, Moms!



 

2. Berbagi
Setelah kebutuhan egonya terpenuhi, coba ingatkan Si Kecil untuk berbagi. Sebelumnya, Anda harus memberi contoh dulu mengenai berbagi! Caranya, ajak Si Kecil ikut serta ketika Anda menyumbang untuk lembaga sosial atau lainnya. Setelah ia tahu arti berbagi, tanyakan pada Si Kecil apakah uangnya boleh diberikan untuk membantu anak lain yang kurang beruntung.



 

3. Menabung
Setelah Si Kecil setuju untuk berbagi 'angpao' dan telah membelanjakan uangnya, ajarkan ia untuk menabung sisanya. Sebelumnya, Moms bisa menjelaskan uang yang terkumpul dapat digunakan untuk hal lainnya di kemudian hari, seperti membeli mainan impiannya. Gunakan celengan dengan bentuk menggemaskan agar ia semakin semangat menabung! (Claudia/Meiskhe/HH/dok.Freepik)



Tags: anak,   keuangan,   finansial,   hemat,   boros,   tabungan,   uang,   celengan,   belanja,   pengetahuan








Cover Januari - Februari 2020