Mother&Baby Indonesia
7 Pengeluaran Penting saat Anda Menjadi Orangtua Baru

7 Pengeluaran Penting saat Anda Menjadi Orangtua Baru

Tentu kita sepakat ya Moms bahwa enam bulan pertama adalah masa yang sangat penting bagi seorang anak. Sebagai orangtua, pastinya Anda ingin memberikan yang terbaik, bukan? Sayangnya, terkadang persiapan keuangan yang kurang matang membuat pengeluaran jadi membengkak. Agar keuangan dan tumbuh kembang anak sama-sama terjaga, Anda perlu mempersiapkan biaya berikut selama 6 bulan pertama. Nah, berikut 7 dana yang perlu dipersiapkan!

 

1. Kunjungan ke dokter
Selama 6 bulan pertama, Moms akan sering membawa bayi ke dokter untuk kontrol rutin. Kondisi badan bayi yang masih rentan, membuat biaya ini wajib dimasukkan ke dalam daftar kebutuhan. Anda juga bisa mempertimbangkan biaya kunjungan ke dokter laktasi, jika diperlukan.



 

2. Imunisasi dan vaksinasi
Setiap anak perlu mendapatkan imunisasi dan vaksinasi secara rutin. Ada yang memang diwajibkan dan sudah disubsidi oleh pemerintah sehingga biayanya lebih murah. Namun, ada juga yang tidak wajib dan sangat disarankan, dengan  kisaran biaya yang cukup mahal.

 

3. Acara syukuran
Sebagai tanda syukur atas kehadiran Si Kecil, umumnya orangtua mengadakan acara selamatan atau syukuran. Untuk biayanya, dapat disesuaikan dengan dana yang dimiliki.

 

4. Perlengkapan memerah ASI
Agar tumbuh kembang anak optimal, kebutuhan ASI eksklusif harus terpenuhi. Maka dari itu, perlu disiapkan dana untuk keperluan memerah, terutama bagi ibu bekerja atau yang dianugerahi produksi ASI yang banyak. Kebutuhan tersebut antara lain pompa, botol penyimpan ASI, freezer, cooler bag, ice pack, sterilizer & warmer bottle, serta media pemberian ASI.



 

5. Biaya membeli susu formula
Jika ternyata ibu atau anak mengalami hambatan dalam memberi atau mengonsumsi ASI, maka pemberian susu formula perlu dipertimbangkan. Untuk itu, Anda perlu bersiap dengan biaya kebutuhan susu yang sangat besar. Harga susu formula cukup bervariasi di pasaran.  Anda dapat memilihnya sesuai dengan kebutuhan.

 

6. Biaya pospak (popok sekali pakai)
Saat ini sudah jarang bayi yang menggunakan popok kain. Kini popok kain sudah digantikan dengan pospak (popok sekali pakai), yang lebih praktis. Dalam satu hari kebutuhan pospak bayi berkisar antara 6-10 buah.


7. Biaya pengasuh atau daycare
Jasa pengasuh juga membutuhkan biaya yang cukup besar. Sebelum memutuskan untuk menggunakannya, pikirkan dahulu apakah Anda benar-benar membutuhkan. Selain pengasuh, daycare juga dapat menjadi pilihan. Namun, biasanya biaya daycare lebih mahal! Anda dapat mempertimbangkan bantuan orangtua untuk menjaga anak, agar  bisa lebih menghemat.

 

Nah, sekarang Moms sudah tahukan dana yang akan dibutuhkan ketika memiliki bayi. Karena itu, yuk mulai siapkan mulai sekarang!(Claudia/Meiskhe/HH/dok.Freepik)



Tags: keuangan,   keluarga,   bayi,   pengeluaran,   biaya,   finansial,   hemat,   dana,   persiapan








Cover Januari - Februari 2020