Mother&Baby Indonesia
Hindari 3 Penyebab Sulit Menabung

Hindari 3 Penyebab Sulit Menabung

Moms, membelanjakan uang pastinya lebih mudah ya, ketimbang menyimpan uang. Padahal, menyisihkan uang untuk disimpan atau ditabung sangatlah penting. Misalnya, untuk kebutuhan jangka panjang seperti biaya pendidikan dan dana kesehatan keluarga.  Sayangnya, masih banyak orang yang belum berusaha keras untuk dapat menabung. Seperti data yang dipaparkan Federal Reserve pada Mei 2014, ternyata rata-rata hanya 4,8 persen dana yang ditabung seseorang dari pendapatan yang diperolehnya setiap bulan.

 

Nah, umumnya ada tiga alasan kenapa seseorang kurang bisa membiasakan menabung, yaitu:



 

1. Bonus Tahunan Tak Tersisa 
Setiap tahun, rata-rata setiap perusahaan memberikan bonus kepada karyawan yang dinilai memiliki kinerja yang baik. Ada juga perusahaan yang memberikan bonus masa kerja dan jenis bonus lainnya. Nah, ketika Anda mendapatkan bonus dari kantor, apakah Anda langsung menghabiskannya? Wah, sayang sekali lagi. Padahal, bonus tahunan ini dapat menjadi dana tambahan untuk mengisi tabungan Anda. Memang, menyisihkan sebagian uang untuk membeli barang yang Anda inginkan memang tidaklah salah. Namun, Anda sebaiknya tetap mengusahakan untuk menabung sebagai dana untuk keperluan mendadak di kemudian hari.

 



2. Tergiur Banyak Godaan
Moms, Anda sering mengalami kondisi dimana ada keinginan untuk membeli barang yang sebenarnya sudah Anda miliki? Ya, misalnya Anda ingin membeli lipstik yang warnanya sama dengan sudah dimiliki, meski berbeda merk. Atau, Anda ini membeli baju dengan warna yang sama namun beragam model. Nah, Anda harus mulai menahan untuk membeli barang yang notebene sudah Anda miliki di rumah. Bila memang ingin membeli baju, sebaiknya baju yang ada dan masih layak pakai diberikan kepada orang yang membutuhkan daripada menumpuk di lemari.

 

3. Tidak Ada Support
Bila Anda membelanjakan uang dengan orang-orang yang tidak mampu dalam pengelolaan uang, kebiasaan buruk mereka pada akhirnya bisa menular pada Anda. Berusahalah untuk tetap berteman dengan orang yang menghargai uang. Dengan cara ini, ketika Anda tergoda untuk membelanjakan banyak uang, Anda dapat menahan diri. (Seva/HH/Dok. freepik)



Tags: menabung,   tabungan,   keuangan








Cover Januari - Februari 2020