Mother&Baby Indonesia
5 Trik Mengatur Keuangan Setelah Bayi Lahir

5 Trik Mengatur Keuangan Setelah Bayi Lahir

Kelahiran bayi akan membawa banyak perubahan dalam keluarga Anda. Salah satunya adalah mengubah anggaran rumah tangga. Pengeluaran keluarga pasti bertambah karena Anda harus membeli kebutuhan baik mulai dari popok, pakaian, box bayi, baby walker, mainan, dan lain-lain. Untuk itu, Anda wajib menyusun anggaran rumah tangga yang baru. Nah, agar tidak 'bocor', yuk perhatikan cara mengatur anggaran setelah bayi lahir berikut ini!

 

1) Lunasi Utang Terlebih Dahulu



Menurut Madeline Thomas, penulis buku Babynomics: Money Saving Tips For Savvy Parents, semua orangtua pasti ingin punya kondisi finansial yang sehat saat memiliki bayi. Karena itu, lunasilah semua utang dan cicilan kartu kredit Anda dan pasangan. Kalau perlu, bekukan kartu kredit di dalam lemari es, agar Anda tidak tergoda untuk belanja secara royal.

 

2) Hemat Penggunaan Listrik, Air dan Internet

Tagihan listrik, air dan internet, servis mobil dan lain-lain tanpa disadari dapat menguras biaya. Oleh karena itu, berhematlah dalam penggunaan listrik, air dan internet. Contohnya, buat kesepakatan kapan menyalakan AC dan mematikannya, serta hindari menggunakan kuota internet untuk hal-hal tidak penting. Selain itu, berbelanjalah di dekat rumah, agar Anda tak perlu menggunakan mobil menuju ke sana. 

 

3) Buatlah Rekening Tabungan



Jika selama ini, Anda hanya memiliki satu rekening saja, maka mulai sekarang buatlah rekening tabungan. Jadikan rekening ini sebagai tempat untuk menyisihkan sebagian pendapatan untuk ditabung.

 

4) Jual Barang yang Tak Dipakai Lagi

Untuk menambah penghasilan, cobalah menjual barang-barang yang sudah tidak digunakan lagi, tapi kondisinya masih bagus. Anda bisa membuat garage sale di rumah, ataupun menjualnya secara online.

 

5) Terimalah Hadiah

Biasanya saat melahirkan bayi, kerabat dan sahabat akan memberikan berbagai macam hadiah untuk Si Bayi. Jadi, jangan sungkan untuk menerimanya ya, Moms! Hitung-hitung bisa menghemat pengeluaran Anda. (Meiskhe/HH/dok.Freepik)



Tags: keluarga,   keuangan,   ibu,   ayah,   rumah_tangga,   finansial,   biaya,   uang,   perlengkapan,   kebutuhan








Cover Januari - Februari 2020