Gallery - Gallery / 21 Juli 2017 / Redaksi

Kenalkan Budaya Indonesia pada Anak Melalui Dongeng

Kenalkan Budaya Indonesia pada Anak Melalui Dongeng

Moms, bagaimana cara Anda mengenalkan budaya Indonesia pada Si Kecil? Ya, banyak caranya. Salah satu cara untuk mengenalkan budaya Indonesia pada Si Kecil adalah melalui dongeng, cerita rakyat, atau legenda. Sebab, sebagian besar cerita rakyat ini memiliki pesan-pesan moral yang penting untuk ditanamkan kepada anak sebagai bekal mereka dalam menjalani kehidupan. Sayangnya, saat ini budaya asing malah mendominasi dunia anak, bahkan sejak usia yang sangat dini.

 

Kisah Frozen, Moana, My Little Pony, hingga lagu The Wheels on The Bus Go Round and Round, saat ini menjadi sangat familiar di telinga para anak masa kini di Indonesia. Di usianya yang sangat dini, justru lebih dekat dan mengenal tokoh-tokoh kartun asing dibandingkan dengan Si Kancil atau Malin Kundang.

 

Melihat fenomena tersebut, PT Astra Graphia Tbk, menggelar sebuah pertunjukkan dongeng  cerita rakyat bagi para anak berusia dini pada Kamis (20/07) lalu. Sekolah TK Perguruan Cikini Jakarta menjadi tempat yang mereka kunjungi untuk memperkenalkan warisan budaya Indonesia kepada anak-anak usia dini. Dalam kegiatan tersebut, mereka membacakan cerita rakyat “Malin Kundang” yang dikemas dalam bentuk pertunjukkan panggung boneka. Kegiatan ini juga diadakan dalam rangka menyambut Hari Anak Nasional 2017 yang diperingati setiap 23 Juli.

 

“Ibarat kertas putih, anak-anak adalah sosok yang polos dan mudah menyerap apa yang diberikan oleh lingkungan sekitarnya. Mereka mudah meniru apa yang mereka lihat, dengar dan juga baca. Sebagai orangtua, penting bagi kita untuk menanamkan rasa cinta tanah air dan budaya  pada anak sejak dini. Oleh karena itu, kami merasa senang atas kesempatan yang diberikan TK Perguruan Cikini untuk menggelar acara hiburan yang juga mengedukasi ini,” ungkap Hari Mulyoraharjo, Chief of Corporate Communications & OS Astragraphia dalam konferensi pers.

 

Perlu Anda ketahui, membiasakan diri untuk membacakan Si Kecil dongeng, cerita rakyat  atau legenda pada anak tidak hanya bermanfaat untuk pelestarian bangsa. Namun, kegiatan ini juga bisa membangun hubungan kedekatan antara Anda dan Si Kecil. Selain itu, mendongeng juga bisa meningkatkan kemampuan anak untuk membaca, berbicara, dan bercerita, serta mengasah kreativitasnya. (Aulia/HH/dok.M&B)

loading...
loading...





RELATED ARTICLE

Kopi Gula Aren Warisan Budaya Indonesia

Bugar Berpuasa Ramadhan dengan Olahraga dan Minum Susu

RSCM Mendapat Donasi Inkubator untuk Tangani BBLR




OTHER ARTICLES

Kehamilan Membuat Mata Lebih Kering? Ini Penjelasannya

8 Tips Menjemur Bayi

Tips Meningkatkan Semangat Belajar Anak

10 Fakta Wajib Tahu tentang Orgasme!

Tantrum Adalah Hal yang Baik! Ini 10 Alasannya