Mother&Baby Indonesia
Kenali 5 Gejala Diabetes pada Wanita

Kenali 5 Gejala Diabetes pada Wanita

Moms, diabetes menjadi salah satu penyakit yang makin banyak dialami wanita. Hasil Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2013 dari Kementerian Kesehatan (Kemkes) menunjukkan bahwa tren penderita diabetes meningkat seiring proporsi obesitas atau kegemukan yang juga terus meningkat. Sebagai info, obesitas pada perempuan meningkat dari 14,8% (2007) menjadi 32,9% (2013).

 



Nah, agar Anda dapat mewaspadai penyakit ini sejak awal, sebaiknya kenali terlebih dahulu tanda-tanda diabetes:


1. Berat Badan Berlebih
Anda merasa kelebihan berat badan? Perlu diketahui, berat badan yang berlebih mulai dari 10 hingga 15 kg dapat meningkatkan kemungkinan terkena diabetes tipe 2. Kabar baiknya, menurut Diabetes Prevention Program, menurunkan 5% sampai 7% dari berat badan Anda dapat mengurangi risiko diabetes.


2. Pandangan Kabur
Kadar gula darah tinggi menyebabkan glukosa terbentuk di lensa mata sehingga sulit bagi Anda untuk fokus. Ini bisa berarti bahwa Anda memiliki diabetes tipe 1 atau tipe 2.


3. Berat Badan Turun Tanpa Alasan
Anda merasa makan cukup dan jarang berolahraga namun berat badan turun secara drastis? Ini biasanya pertanda diabetes tipe 1, tapi kadangkala itu merupakan diabetes tipe 2. Bila tubuh tidak bisa membuat insulin, glukosa (gula) dari makanan tidak bisa digunakan oleh sel tubuh untuk energi atau disimpan. Selain itu, lemak mulai rusak, membuat Anda kehilangan berat badan lebih banyak.


4. Berusia Lebih Dari 45 tahun
Anda berumur 45 tahun atau lebih? Risiko diabetes meningkat seiring bertambahnya usia, jadi American Diabetes Association merekomendasikan untuk skrining setidaknya setiap tiga tahun mulai usia 45.


5. Lingkaran Gelap di Area Leher
Menurut Alyne Ricker, MD, endokrinologi anak-anak di Joslin Diabetes Center di Boston, ketika tubuh Anda mulai memompa terlalu banyak insulin - yang umum terjadi pada reseptor tipe 2 di lipatan kulit merespons dengan membuat pigmen ekstra. Itu yang terlihat pada daerah leher yang berwarna lebih gelap. (Seva/HH/Dok. Freepik)

BACA JUGA:

Tetap Hidup Sehat dengan Diabetes



Makan Buah Tiap Hari Turunkan Risiko Diabetes

Mengenal Terapi Insulin bagi Penderita Diabetes

 

 

 

 



Tags: gula,   diabetes,   makanan,   kesehatan










Cover Mei-Juni-Juli 2020