Mother&Baby Indonesia
Pertolongan Pertama Saat Si Kecil Gondongan

Pertolongan Pertama Saat Si Kecil Gondongan

Moms, Si Kecil pernah mengalami gondongan? Gondongan adalah infeksi virus ringan yang menyebabkan demam dan pembengkakan salah satu atau kedua kelenjar liur. Bila Anda coba memeriksa, akan menemukan pembengkakan pada bawah telinga atau di dalam sudut rahang. Gejala umum gondongan adalah demam, sakit kepala, nyeri otot, dan tenggorokan.

 

Pengobatan
Jika Anda menduga Si Kecil terkena gondongan, segera hubungi dokter untuk memastikan diagnosisnya. Temui dokter bila disertai dengan sakit kepala atau muntah.



 

Penanganan Pertama
Kelenjar yang membengkak bisa terasa menyakitkan lho Moms. Untuk itu, coba berikan Si Kecil obat yang aman. Parasetamol akan membuat Si Kecil lebih nyaman dan mengurangi demam. Jangan lupa untuk memberi Si Kecil minum air putih yang banyak untuk menghindari risiko dehidrasi.



 

Oh ya, Si Kecil sebaiknya tidak bermain bersama teman-temannya terlebih dahulu karena bisa menular melalui udara, kontak langsung, muntahan, atau air seni. Perlu juga kita tahu, memberikan imunisasi MMR dapat melindungi Si Kecil dari penyakit ini. (Seva/HH/Dok. Freepik)
 



Tags: gondok,   gondongan,   gondong,   sakit










Cover Mei-Juni-Juli 2020