Mother&Baby Indonesia
5 Cara Efektif Atasi Kakak & Adik yang Suka Bertengkar

5 Cara Efektif Atasi Kakak & Adik yang Suka Bertengkar

Moms, saat Si Kakak dan Si Adik bertambah besar, perselisihan di antara mereka mungkin akan sering terjadi. Hal paling umum dari sumber pertengkaran mereka adalah berebut mainan, menyerobot antrean dan lain-lain. Nah, saat melihat keduanya bertengkar, jangan diam saja tanpa melakukan apa-apa ya, Moms. Selain itu, tahan dirilah untuk memarahi mereka. Nah, supaya persoalan yang muncul bisa terselesaikan dengan baik, yuk lakukanlah beberapa tips berikut ini:

 

1) Dengarkan keluhan kedua pihak dengan serius



Dengarkanlah saat masing-masing anak menyatakan keluhannya. Mungkin terdengar remeh bagi Anda, namun ini sangat penting bagi anak. Mereka perlu orangtuanya mendengar keluhan mereka secara adil.

 

2) Beli permainan yang membutuhkan kerja sama

Meski selisih usia Si Adik cukup jauh dari Si Kakak, namun cobalah membelikan mereka permainan yang bisa dilakukan bersama. Misalnya, bermain bola dan kartu. Dengan bermain bersama, ketegangan yang terjadi di antara keduanya dapat terselesaikan.

 

3) Ajak anak bertamasya

Coba pererat hubungan saudara di antara anak-anak Anda dengan mengajak mereka bertamasya bersama.

 



4) Ajak anak untuk berteman

Cobalah sering membawa anak untuk playdate dengan anak sebayanya. Untuk Si Kakak perlu bermain dengan kelompok bermainnya sendiri, begitupula dengan Si Adik. Ini dilakukan agar Si Adik tidak selalu mengikuti ke mana kakaknya pergi.

 

5) Terima karakter masing-masing anak

Mungkin Anda merasa senang kalau anak-anak memiliki kesenangan yang sama. Namun, coba juga cari tahu tentang minat mereka yang berbeda. Hal ini berguna untuk mengurangi persaingan di antara keduanya. (Meiskhe/HH/dok.Freepik)

BACA JUGA:

Ajak Si Kakak Menyambut Adiknya

Tips Atasi Sibling Rivalry

Agar Si Kakak Sayang pada Adik Bayi



Tags: keluarga,   anak,   balita,   sibling_rivalry,   perselisihan,   mainan,   rebutan. adil,   penyelesaian








Cover Januari - Februari 2020