Mother&Baby Indonesia
3 Cara Seru agar Si Kecil Mau Banyak Minum

3 Cara Seru agar Si Kecil Mau Banyak Minum

Moms pasti tahu kalau air mineral sangat penting bagi tubuh Si Kecil. Menurut dr. Budi Wiweko, Ketua Indonesia Hydration Working Group (IHWG), anak usia 4-6 tahun membutuhkan sekitar 1.2 liter air mineral per hari. Jumlah itu setara dengan 5-6 gelas per hari, Moms. Kebutuhan itu bahkan bisa bertambah jika aktivitas Si Kecil juga bertambah, seperti olahraga atau saat sedang demam. Walau 6 gelas per hari terdengar mudah untuk dipenuhi, namun faktanya 1 dari 4 anak Indonesia masih kurang minum (menurut hasil riset di 13 negara yang dipublikasikan di European Journal of Nutrition). Mirisnya lagi, 30 persen yang mereka konsumsi bukanlah air mineral!

 



Mengetahui fakta tersebut, maka Moms perlu ekstra kreatif nih untuk membuat Si Kecil mau minum 6 gelas per hari. “Orang tua harus kreatif dan jangan sampai memaksa anaknya untuk minum,” ujar Ajeng Raviando, Psi, seorang psikolog sekaligus ibu 2 anak. Untuk itu, yuk simak 3 cara seru agar Si Kecil mau minum cukup air mineral.

 

1. Jadilah contoh yang baik

Menurut Ajeng, cara terbaik adalah dengan memberikan contoh yang baik. Kalau orang tua rajin minum air mineral, anak pasti akan mengikuti kebiasaan baik tersebut. Mulailah kebiasaan untuk memenuhi kebutuhan tubuh akan air mineral dengan cara yang menyenangkan, bukan dengan memaksa anak atau menakutinya. Pastikan Si Kecil minum dengan sukarela, bukan dengan paksaan ya, Moms.

 



2. Sediakan air di setiap ruangan

Walau terkesan sederhana, namun hal mudah seperti mengambil gelas ke dapur dan mengisinya dengan air mineral bisa jadi ritual panjang yang membuat Si Kecil malas minum. Untuk itu, sediakan air mineral di setiap ruangan rumah Anda, agar di mana pun anak berada, ia bisa dengan mudah meraih air minumnya. Agar praktis, sediakan saja air minum dalam kemasan (AMDK) dalam ukuran sekali minum.

 

3. Kemasan yang menarik

Sekarang sudah ada AMDK yang memiliki kemasan menarik, mulai dari princess kesayangan Si Kecil, hingga berbagai superhero yang paling diidolakan anak. “Sejak ada air minum dalam kemasan yang kemasannya lucu-lucu, anak-anak saya jadi lebih semangat minum air mineral. Kemasan yang menarik itu efektif membuat Si Kecil jadi lebih banyak minum, lho. Saya jadi tenang karena kebutuhan harian mereka akan air mineral terpenuhi,” ujar Ersa Mayori, celebrity-mom, saat ditemui di acara konferensi pers Aqua di Kidzania, Jakarta. (Tiffany/MF/Dok. Freepick)



Tags: air,   minum,   mineral,   anak,   tubuh,   kesehatan,   balita










Cover Mei-Juni-Juli 2020