Mother&Baby Indonesia
Yuk, Kenali 8 Macam Rasa Takut pada Anak

Yuk, Kenali 8 Macam Rasa Takut pada Anak

Moms, apakah Si Kecil pernah ketakutan? Apa yang ditakutkan buah hati Anda? Ya, wajar bila anak memiliki rasa takut. Anak-anak bisa merasakan ketakutan pada berbagai hal. Untungnya, ketakutan yang dirasakan anak itu umumnya bersifat ringan dan sementara sehingga dapat diatasi dengan bantuan orangtua.

Perlu Moms tahu, setiap anak memiliki rasa takut yang berbeda-beda. Nah berikut ada beberapa ketakutan yang paling sering dialami seorang anak:

 



1) Takut dengan binatang kecil

Banyak anak yang tidak menyukai binatang kecil yang gerakannya tidak dapat diperkirakan. Karena itu, beberapa binatang seperti serangga dan hamster sering sekali membuat anak ketakutan.

 

2) Gelap

Ruangan yang sangat gelap sangat menakutkan bagi anak. Mereka ketakutan saat lampu kamarnya dimatikan pada waktu malam.

 

3) Kucing dan anjing

Bayangan mengenai anjing yang menyeringai dan kucing yang mencakar membuat anak takut setiap kali melihat hewan tersebut.

 

4) Kotoran

Beberapa anak terbiasa sangat rapi dan bersih. Jika melihat kotoran di tangan atau pakaian, mereka ketakutan dan merasa kesal.



 

5) Air

Tidak ada seorang pun yang senang jika matanya terkena air dan sabun saat keramas. Ada beberapa anak yang akan sangat ketakutan hingga berteriak histeris saat dimandikan.

 

6) Cedera

Walaupun banyak anak yang gemar menantang bahaya tanpa mengenal takut, tapi ada juga anak yang takut bereksplorasi karena takut cedera atau terluka.

 

7) Takut gagal

Seorang anak dapat merasa takut mengalami kegagalan dalam hal apa saja. Karena itu, ia memilih untuk tidak melakukan kegiatan baru karena dirinya akan terhindar dari rasa takut akan kegagalan.

 

8) Kehilangan cinta orangtua

Saat Anda marah, kemungkinan Si Kecil akan merasa takut tidak dicintai lagi. Sama halnya ketika Anda pergi meninggalkannya untuk sementara waktu. Ia merasa takut karena berpisah dengan orangtuanya untuk beberapa saat. (Meiskhe/HH/dok.Freepik)



Tags: balita,   anak,   takut,   rasa,   perasaan,   menangis,   binatang,   cedera,   cinta,   air,   fobia,   orangtua,   tumbuh








Cover Januari - Februari 2020