Mother&Baby Indonesia
8 Tips Memasak Bersama Si Kecil

8 Tips Memasak Bersama Si Kecil

Moms, ada berbagai macam kegiatan untuk mengisi hari libur di akhir pekan atau waktu senggang Anda bersama Si Kecil. Salah satunya, mengajak Si Kecil memasak bersama. Ya, Si Kecil sudah bisa lho diajak beraktivitas di dapur. Nah, yuk perhatikan tips berikut agar kegiatan memasak bersama Si Kecil berlangsung menyenangkan: 

1. Persiapkan Waktu
Pastikan Anda memiliki waktu yang cukup bersama Si Kecil tanpa gangguan pekerjaan atau arisan yang harus Anda hadiri. Memasak memang memerlukan waktu yang tidak sedikit. Bahkan, memasak bersama Si Kecil boleh jadi memakan banyak waktu, mulai dari mempersiapkan bahan-bahan, proses memasak, dan membersihkan perlengkapan setelah memasak selesai.

 



2. Kontrol Emosi
Memasak akan membuat dapur terlihat berantakan. Itu wajar. Tentunya, bila Si Kecil ikut memasak maka dapur akan lebih berantakan dan banyak kotoran dimana-mana. Nah, Anda harus bisa mengontrol emosi agar Si Kecil dapat menikmati waktu memasak bersama Anda.

 

3. Siapkan Resep
Anda dapat melibatkan Si Kecil untuk menyiapkan resep apa yang ingin dimasak. Membuat cupcake ataupun cake dengan hiasan yang akan ia buat sendiri dapat menjadi pilihan.

 

4. Siapkan Perlengkapan Memasak
Ajak Si Kecil untuk ikut mempersiapkan mangkok, sendok dan semua bahan atau perlengkapan untuk memasak. Anda juga dapat menjelaskan kegunaan barang tersebut agar ia paham fungsi suatu barang.

 

5. Biarkan Si Kecil Memasak
Bila Anda memilih membuat cupcake, biarkan Si Kecil yang memasukkan adonan, mengaduknya, hingga menuangnya ke dalam cup. Tidak perlu risau dengan kekacauan yang berada di dapur, Anda dapat membersihkannya setelah cupcake selesai dibuat.



 

6. Mencoba Mencicipi Makanan
Jadikan ini pengalaman yang seru untuk Si Kecil. Mencicipi cupcake sebelum masuk ke dalam oven dapat menjadi pengalaman yang seru untuknya. Bila terasa belum manis, biarkan Si Kecil yang memberi tambahan gula.

 

7. Kreatif Menghias
Persiapkan beberapa bahan untuk menghias cupcake. Anda dapat memberikan contoh cara menghias cupcake dan biarkan Si Kecil berkreasi sesuai imajinasi dan idenya.

 

8. Abadikan Kegiatan Memasak
Jangan lupa, abadikan acara memasak bersama Si Kecil, bisa berupa foto ataupun video.

Nah, selamat memasak bersama Si Kecil, Moms! (Seva/HH/Dok. freepik)

 



Tags: memasak,   balita,   anak








Cover Januari - Februari 2020