Mother&Baby Indonesia
5 Strategi Meningkatkan Kosa Kata Si Kecil

5 Strategi Meningkatkan Kosa Kata Si Kecil

Moms, di usia berapa Si Kecil mulai bawel? Ya, keterampilan berbicara umumnya dimulai sejak usia 12 hingga 24 bulan. Tentu keterampilan berbicara ini tidak muncul tiba-tiba. Moms perlu melakukan stimulasi pada Si Kecil.

 



Nah, Berikut 5 strategi untuk membantu meningkatkan kosa kata Si Kecil:

1. Ceritakan Aktivitas Sehari-hari

Menurut Tracy Cutchlow, rekan penulis John Medina dari Brain Rules for Baby: How to Raise a Smart and Happy Child from Zero to Five, mengatakan bahwa dalam usia tiga tahun pertama, anak-anak lebih sering berbicara. Pada rentang usia ini, mereka yang memiliki IQ yang tinggi. Maka sebaiknya, menurut Tracy, Anda mulai menceritakan keseharian dengan bahasa yang baik dan benar. Misal, saat Anda membuat telur dadar untuk sarapan, ceritakan bahwa telur yang berasal dari ayam tersebut akan dikocok terlebih dahulu. Lalu, diberi garam dan digoreng di atas penggorengan yang panas. Si Kecil akan mendengarkan dan menyerap kata-kata yang Anda ucapkan.




2. Bernyanyi “Kepala, Pundak, Lutut, dan Kaki”
Lakukan suatu permainan untuk mengenalkan anggota tubuh Si Kecil. Misalnya, menyanyikan lagu “Kepala, pundak, lutut, kaki” dapat menjadi pilihan. Coba peragakan seiring lagu tersebut sehingga anak menirunya. Dengan begitu, Si Kecil akan mudah mengerti dan perlahan-lahan meniru gerakan dan ucapan Anda.


3. Memberi Nama Tiap Benda
Adakalanya Si Kecil menginginkan sesuatu hanya dengan menunjuk. Ini terjadi karena belum tahu nama benda yang dimaksud atau yang ditunjukkan. Anda bisa mengatakan, “Ooh, adik mau bantal, ya. Ini bantalnya warna hijau ya,” Nah, dengan menamai setiap benda disertai menyebut warna atau fungsinya dapat menambah kosa kata Si Kecil.


4. Membacakan Buku
Tidak pernah ada kata terlalu dini untuk membacakan buku cerita bagi Si Kecil. Anda dapat membacakan buku sejak ia dilahirkan. Pilihlah buku dengan gambar yang besar agar Si Kecil tertarik untuk melihat buku tersebut. Si Kecil akan cepat merekam apa yang Anda bacakan dan meniru setiap ucapan Anda.


5. Tunjukkan Ekspresi
Tunjukkan ekspresi terkejut dan memberikan tepuk tangan saat Si Kecil mampu mengucapkan kosa kata baru. Ekspresi senang akan membuat Si Kecil makin antusias untuk menambah kosa kata baru lagi. (Seva/HH/Dok. freepik)



Tags: berbicara,   kata,   bayi,   balita








Cover Januari - Februari 2020