Mother&Baby Indonesia
5 Manfaat Memeluk Si Kecil

5 Manfaat Memeluk Si Kecil

Anda suka memeluk Si Kecil, Moms? Ya, berpelukan meski merupakan aktivitas yang 'sepele” tapi ternyata sarat akan manfaat. Berpelukan dapat menimbulkan rasa nyaman. Bahkan, ada alasan ilmiah mengapa pelukan itu baik untuk Anda dan Si Kecil. Ternyata, berpelukan selama 20 detik dapat membantu Si Kecil tumbuh lebih cerdas, sehat, bahagia, tangguh dan lebih dekat dengan orang tua. Yuk, simak uraian berikut:


1. Membuat Bayi Lebih Pintar
Memeluk adalah sentuhan fisik yang merupakan stimulasi terpenting yang dibutuhkan untuk menumbuhkan otak yang sehat dan kuat. Dikutip melalui parentingforbrain.com, riset menemukan bahwa ketika bayi menerima stimulasi sentuhan tambahan selama 20 menit per sentuhan selama 10 minggu, ia akan mendapat skor lebih tinggi pada penilaian tumbuh kembangnya.




Studi juga menemukan bahwa tidak semua jenis sentuhan bermanfaat. Hanya sentuhan pengasuhan seperti pelukan lembut yang bisa memberikan stimulasi positif yang dibutuhkan otak untuk tumbuh dengan sehat.


2. Pengaruhi Pertumbuhan Si Kecil
Memeluk Si Kecil memicu pelepasan oksitosin, juga dikenal sebagai hormon cinta. Hormon ini memiliki banyak efek penting pada tubuh Si Kecil. Salah satunya adalah stimulasi pertumbuhan.


Studi menunjukkan bahwa berpelukan bisa langsung meningkatkan kadar oksitosin. Ketika oksitosin meningkat, beberapa hormon pertumbuhan, seperti faktor pertumbuhan insulin-I (IGF-1) dan faktor pertumbuhan saraf (NGF), meningkat juga. Seringnya pelukan bisa meningkatkan pertumbuhan Si Kecil.




3. Meningkatkan Imunitas
Kenaikan kadar oksitosin bisa memperkuat sistem kekebalan tubuh. Ini menurunkan kadar hormon tiroid dalam plasma yang menyebabkan luka sembuh lebih cepat.


4. Menghentikan Tantrum
Banyak orangtua yang panik ketika Si Kecil tantrum, apalagi di tempat umum. Nah, pelukan dapat menenangkan Si Kecil yang tantrum.


Saat Si Kecil sedang tantrum, ia dapat bersikap keras kepala, bahkan tidak akan mendengarkan apapun perkataan Anda. Ia kehilangan kendali untuk mengatur emosi dirinya sendiri. Berpelukan memicu pelepasan hormon oksitosin yang bisa menurunkan tingkat hormon stres dan melawan efek kecemasannya. Maka bila Si Kecil tantrum, segera peluklah.


5. Menciptakan Bonding
Pelukan meningkatkan kepercayaan, mengurangi rasa takut dan memperbaiki hubungan. Berpelukan dapat meningkatkan bonding antara Anda dan Si Kecil. Yuk, ajak pasangan untuk memeluk Si Kecil juga! (Seva/HH/Dok. freepik)



Tags: peluk,   berpelukan,   anak,   bayi,   balita,  








Cover Januari - Februari 2020