Mother&Baby Indonesia
5 Cara agar Si Kecil Mandiri

5 Cara agar Si Kecil Mandiri

Si Kecil suka mengikuti Anda ketika hendak memasak di dapur? Jangan dicegah, tapi ajak ia untuk terlibat dalam kegiatan di dapur. Biarkan ia berkreasi ya, Moms agar menjadi pribadi yang mandiri. Yang terpenting, jauhkan Si Kecil dari berbagai barang berbahaya seperti pisau, panci panas, hingga blender yang dapat berisiko mencederainya.

 

Melatih Si Kecil untuk mandiri sangat penting. Misalnya, dengan cara mengajaknya bermain di rumah teman, bermain bersama teman seumuran, mengunjungi tempat umum dan sebagainya, dapat membantu meningkatkan pengalaman dan pengetahuannya. Ada beberapa kegiatan sehari-hari yang dapat Anda berikan untuk mendorong Si Kecil belajar mandiri, sekaligus melatih perkembangan intelektualnya, yang dikutip melalui Buku Pintar Mengasuh Batita karya dr. Suririnah.



 

1. Berikan kesempatan pada Si Kecil untuk memilih baju yang akan digunakan. Walaupun baju tersebut warnanya tidak serasi, Anda tetap perlu menghargai keputusannya.

 

2. Izinkan Si Kecil melakukan sesuatu untuk dirinya sendiri, seperti makan, mengambil minum, atau mandi sendiri. Tentu dengan pengawasan Anda.

 



3. Hindari dominasi dan selalu memimpin saat bermain dengan Si Kecil. Izinkan ia menjadi pemimpin saat bermain.

 

4. Ajak Si Kecil dalam pembicaraan Anda dan pasangan.

 

5. Dorong Si Kecil mengungkapkan perasaanya. (Seva/HH/Dok. Freepik)

 



Tags: mandiri,   anak,   balita










Cover Mei-Juni-Juli 2020