Mother&Baby Indonesia
7 Cara Efektif Redakan Sakit Kepala Anak

7 Cara Efektif Redakan Sakit Kepala Anak

Moms, Si Kecil pernah mengeluh sakit kepala? Kasihan ya melihat ia menangis karena sakit kepala. Terkadang, orangtua merasa bingung apa yang harus dilakukan. Sebagian orangtua langsung membawa Si Kecil ke dokter untuk memastikan penyebab sakit kepala yang dirasakan Si Kecil. 

 

Sebenarnya, sebelum Moms membawanya ke dokter, ada upaya pertolongan pertama yang dalam dilakukan. Pertolongan pertama ini diharapkan dapat mengurangi sakit kepala yang dirasakannya, sehingga Si Kecil tidak terlalu tersiksa. Nah, berikut pertolongan pertama yang bisa Anda lakukan:



 

1) Berikan anak parasetamol cair, dalam bentuk sirup. Perhatikan dosis yang dianjurkan jangan sampai melebihi dosis ya!

 

2) Ajak anak berbaring di kamar yang redup, tenang, dingin dengan mata tertutup. Tidur adalah salah satu cara meredakan sakit kepala.

 

3) Rasa lapar kadang-kadang dapat menyebabkan sakit kepala. Jika anak lapar, maka berilah susu dan camilan yang mudah dicerna.

 



4) Dehidrasi juga jadi penyebab umum sakit kepala. Kalau anak haus, segera berikan minuman. Anak yang sakit cenderung muntah. Karena itu, minta ia agar mau minum. Hindari memberikan cola atau minuman bersoda karena mengandung kafein yang dapat menyebabkan sakit kepala.

 

5) Kudapan tinggi serat seperti buah pisang atau biskuit gandum akan menaikkan kadar gula dalam darah aliran darah secara perlahan. Bujuk anak Anda untuk makan begitu merasakan tanda pertama sakit kepala.

 

6) Ajarkan anak untuk bernapas dengan benar dan untuk berkonsentrasi pada relaksasi otot-otot bahu dan leher. Jika Anda menduga sakit kepala terkait dengan ketegangan, cobalah memberinya pijat relaksasi. Memijat lembut otot-otot di kulit kepala, wajah, leher dan bahu dapat menyembuhkan rasa sakit.

 

7) Jika Anda mencurigai adanya intoleransi makanan yang menyebakan anak sakit kepala, cobalah berkonsultasi pada ahli gizi. Jika sensitif pada makanan tertentu, singkirkan makanan tersebut. Makanan yang memicu sakit kepala pada sebagian orang adalah yang tinggi gula dan karbohidrat. Buah kering, cokelat, teh dan keju padat juga bisa menyebakan sakit kepala. (Meiskhe/HH/dok.Freepik)



Tags: anak,   sakit_kepala,   migrain,   obat,   pengobatan,   pertolongan_pertama,   makanan,   minuman,   efektif,   tips










Cover Mei-Juni-Juli 2020