Mother&Baby Indonesia
3 Tanda Bayi Mengalami Pertumbuhan yang Pesat

3 Tanda Bayi Mengalami Pertumbuhan yang Pesat

Moms, tanpa Anda sadari betul, tiba-tiba Si Kecil beranjak makin besar, ya. Hmm, kemungkinan Si Kecil sedang pada masa growth spurt. Apa itu? Growth spurt adalah masa pertumbuhan bayi yang terasa lebih cepat. Selama masa ini berlangsung, bayi akan menyusu lebih sering dari biasanya.

Menurut Michelle Lampl, seorang dokter dan peneliti pertumbuhan di Emory University di Atlanta, selama masa growth spurt, bayi akan bertambah berat dan panjang, serta lingkar kepalanya bertambah besar lebih cepat dari biasanya. Hal ini biasanya dialami pada masa 12 bulan pertamanya.


Nah Moms, berikut tanda-tanda bayi pada masa growth spurt:



1. Lapar
Bayi akan merasa sangat lapar. Bahkan, ia tidak akan melepas puting payudara Anda ketika menyusu agar ASI selalu dapat ia dapat sewaktu-waktu. Anda tidak perlu khawatir dengan air susu yang berkurang. Kenapa? karena payudara akan menyuplai ASI sebanyak yang dibutuhkan bayi.

 

2. Rewel
Merasa bayi sering rewel beberapa hari ini? Bisa jadi bayi Anda dalam masa growth spurt. Cobalah untuk menggendong dan memberikan ASI agar ia lebih tenang. Rewel juga dapat terjadi saat tengah malam. Namun, tidak perlu khawatir Moms karena masa growth spurt tidak berlangsung lama.



 

3. Tidur Lebih Lama
"Ada perubahan fisiologis penting yang terjadi saat tidur," kata Peter Nieman, seorang dokter spesialis anak dan asisten profesor klinis di sekolah kedokteran Universitas Calgary. Anda tidak perlu membangunkannya, cukup beri susu di sekitar mulutnya agar ia tidak merasa haus dan dapat tidur lebih lama. (Seva/HH/DOk. freepik)

 



Tags: growth spurt,   pertumbuhan,  








Cover Januari - Februari 2020