Home - Bayi - Tumbuh Kembang Bayi / 11 Juli 2017 / Redaksi

Menyusui Batita Terasa Lebih Tricky? Cobalah Tips Ini!

Moms, usai memberi ASI eksklusif selama 6 bulan, tak sedikit ibu yang melanjutkan menyusui bayinya hingga usia 2 tahun. Namun, di usia 2 tahun, sudah banyak hal yang bisa dilakukan Si Kecil sehingga proses menyusui terkadang jadi lebih rumit dari yang dibayangkan. Ada berbagai tantangan menyusui yang akan dialami Moms, seperti Si Kecil menarik puting, menggigitnya, menjambak rambut, dan mencubit.  Untuk mengatasi semua hal itu, perhatikanlah tips berikut ini ya, Moms:

 

1) Alihkan perhatian



Ada beberapa anak yang tangannya "tidak bisa diam" saat disusui. Kadang ia menarik puting, mencubit dan memukul wajah Anda. Nah, sebelum hal itu jadi kebiasaan, lebih baik segera atasi dengan memberikan mainan kepada anak untuk dipegang saat disusui. Ada pula ibu yang mengakalinya dengan mengenakan kalung, agar perhatian anak teralihkan kepada kalung itu saat menyusu.

 

2) Ganti kata 'nenen' dengan kata lain

Moms, Anda pasti tidak mau mengalami kejadian di mana Si Kecil berteriak "Mau nenen!", saat sedang ada cara kumpul-kumpul keluarga bukan. Bisa jadi kerabat yang datang tertawa mendengarnya. Sebaiknya ganti kata ini dengan kata lain, misalnya susu atau kata lain yang lebih sopan.

 

3) Siklus menstruasi dapat memengaruhi proses menyusui

Saat Anda sudah mengalami menstruasi kembali, maka kemungkinan ASI yang keluar hanya sedikit dan terasa berbeda bagi Si Kecil. Karena itu, lebih bersabarlah kalau misalnya Si Kecil menyusu lebih lama daripada biasanya.

 



4) Puting mungkin akan terasa lebih sakit saat menyusui batita

Karena pertumbuhan gigi dan perhatian Si Kecil yang mudah teralihkan, maka akan menyebabkan puting jadi lebih sakit saat menyusui. Selain terkena gigi, puting akan ikut tertarik ketika Si Kecil menoleh ke arah lain. Selain itu, sisa makanan di dalam mulut bisa jadi penyebab sakit pada puting. Untuk itu, pastikan Anda selalu meminta Si Kecil berkumur sebelum menyusu ya!

 

5) Tantangan menyusui di tempat umum jauh lebih besar

Apron akan sangat membantu Anda saat menyusui bayi di tempat publik. Tapi, saat Si Kecil sudah berusia di atas 1 tahun, kemungkinan apron tidak akan banyak membantu. Bisa saja Si Kecil akan menyibakkan apron sehingga terbuka. Karena itu, jika sedang berada di luar rumah, menyusuilah di tempat tertutup seperti di nursery room, fitting room, atau gunakan jaket ukuran besar untuk menutupi Si Kecil.

 

6) Manfaat menyusui anak usia batita

Menyusui batita ternyata punya banyak manfaat, misalnya membuatnya jadi rileks dan tenang. Selain itu, saat ia terbangun di malam hari karena merasakan nyeri tumbuh gigi, mimpi buruk, dan berbagai alasan lainnya, Anda bisa menenangkannya dengan menyusuinya sebelum ia terlelap kembali. (Meiskhe/HH/dok.Freepik)

 

 


RELATED ARTICLE

6 Makanan Ini dapat Memicu Alergi pada Anak, Waspada!

4 Cara Tepat Memenuhi Asupan Zat Besi Anak

8 Trik Jitu Menerapkan Baby Led Weaning (BLW) pada Bayi

OTHER ARTICLES

Mengajak Pendidikan Indonesia untuk Berpihak pada Anak

Ini Alasan Balita Terobsesi dan Suka Hal yang Sama

Lakukan Ini untuk Membangun Percaya Diri Bayi Anda!

Mengenal 4 Tipe Bayi, Manakah Tipe Si Kecil, Moms?

Yang Perlu Diperhatikan saat Balita Ikut Lomba 17-an