Mother&Baby Indonesia
Kiat Mengatasi Perut Kembung pada Bayi

Kiat Mengatasi Perut Kembung pada Bayi

Mpms, pada dasarnya perut kembung yang dialami bayi usia 3 – 5 bulan adalah hal yang wajar. Kenapa? karena pada usia tersebut saluran pencernaannya belum berfungsi sempurna. Bila orang dewasa menderita perut kembung maka dengan mudah gas berlebih dalam perut dapat dikeluarkan. Sedangkan, bila bayi mengalami kembung, ia tidak dapat mengeluarkan gas berlebih dengan sendirinya.

 

Karena itulah, Anda wajib mengetahui bayi menderita perut kembung. Bila bayi menangis tanpa sebab, segera periksa bagian perutnya. Bila perutnya terasa lebih keras berarti ia mengalami gas berlebihan dalam perutnya. Segera beri pijatan lembut pada perutnya. Caranya, posisikan bayi dalam posisi terlentang. Pijatlah perlahan perut bayi dengan gerakan searah jarum jam hingga ia buang angin. Atau, posisikan bayi terlentang dan gerakan kedua kakinya seperti gerakan mengayuh sepeda. Gerakan ini dapat membantu mengeluarkan gas dari perut bayi.



 



Untuk menghindari perut kembung terjadi kembali, Anda sebaiknya segera menyedawakan bayi setelah menyusu. Caranya, gendong bayi dengan posisi tegak mengahadap belakang, lalu tepuk-tepuk punggungnya perlahan. (Seva/HH/Dok. freepik)

 



Tags: kembung,   bayi,   perut