Mother&Baby Indonesia
5 Fakta Menarik Bayi Kembar yang Jarang Terungkap

5 Fakta Menarik Bayi Kembar yang Jarang Terungkap

Moms, pada bayi kembar, bukan wajahnya saja yang terlihat menarik karena mirip atau hampir sama, tapi ada beberapa fakta menarik yang mungkin belum Anda ketahui. Apa sajakah? ini di antaranya:

 

1. Angka Kelahiran Meningkat
Ada 135.336 kelahiran kembar di Amerika Serikat pada 2014. Itu berdasarkan data terakhir. Menurut Centers for Disease Control and Prevention itu merupakan rekor bayi kembar tertinggi yaitu sekitar 3,4% bayi yang dilahirkan kembar.



 

2. Wanita yang Berumur Lebih Tua dapat Hamil Kembar
Menurut Christine Greves, MD, seorang ahli kandungan dan ginekolog di  Winnie Palmer Hospital for Women and Babies di Orlando, para ibu secara alami lebih mungkin mengandung bayi kembar seiring bertambahnya usia.

 

3. Bayi Kembar Berusia Panjang
Dalam sebuah studi pada 2016 dari University of Washington, para periset menemukan bahwa anak kembar identik cenderung hidup lebih lama dari kembar fraternal. Semua bayi kembar cenderung hidup lebih lama dari populasi pada umumnya.



 

4. Kidal
Menurut studi di Belgia pada 1996, satu dari lima pasang anak kembar, baik fraternal ataupun identik, ternyata lebih aktif menggunakan tangan kiri untuk beraktivitas dibandingkan tangan kanan.

 

5. Harus dilahirkan Usia 37 Minggu
Untuk mengurangi risiko komplikasi saat dilahirkan, para ahli mengatakan waktu terbaik untuk melahirkan bayi kembar adalah 37 atau 36 minggu. "Banyak bayi kembar yang tidak mencapai usia 39 atau 40 minggu karena uterus sang ibu secara signifikan lebih meregang pada awal kehamilan," ujar  Dr Christine Greves, MD. (Seva/HH/Dok. health.com)

 



Tags: kembar,   bayi,   twin baby,   hamil








Cover Maret 2020