Mother&Baby Indonesia
Sulit Buang Air Kecil Usai Melahirkan? Ini Penyebabnya!

Sulit Buang Air Kecil Usai Melahirkan? Ini Penyebabnya!

Moms, perlu kita tahu, hampir setiap ibu yang baru melahirkan tidak segera bisa buang air kecil pada 24 jam pertama setelah persalinan. Bahkan, ada yang merasa ingin buang air kecil namun seolah tidak mampu mengeluarkan air kemih. Ada juga yang berhasil buang air kecil tapi disertai rasa nyeri seperti terbakar.

Nah, ternyata terdapat beberapa alasan mengapa wanita yang baru melahirkan merasakan hal ini, di antaranya adalah:

1. Kapasitas kandung kemih meningkat karena tiba-tiba memiliki lebih banyak ruang sehingga desakan untuk buang air berkurang dibandingkan ketika masih hamil.



2. Epidural dapat menurunkan kepekaan kandung kemih, atau membuat Anda tidak merasakan desakan ingin buang air kecil.

3. Dehidrasi, terutama jika Anda tidak minum sama sekali dan tidak diberi infus selama menjalani proses persalinan yang panjang. Kasus ini jarang sekali terjadi.



4. Rasa nyeri di sekitar perineum dapat mengakibatkan saluran kemih mengalami kejang sehingga sulit untuk buang air kecil. Pembengkakan perineum juga dapat mengakibatkan Anda sulit buang air kecil.

 

Sejumlah faktor psikologis mungkin menahan Anda untuk buang air, seperti ketakutan akan rasa sakit dan tidak nyaman karena memerlukan bantuan untuk ke kamar mandi. (Seva/HH/Dok. freepik)



Tags: melahirkan,   kencing