Mother&Baby Indonesia
10 Tips Cepat Pulih dari Operasi Caesar

10 Tips Cepat Pulih dari Operasi Caesar

Moms, seusai menjalani operasi Caesar, sebaiknya jaga diri dan tubuh dengan sebaik mungkin ya. Karena menurut Elizabeth Duff, seorang expert dari Inggris, seperti dilansir dari Motherandbaby.co.uk, bahwa operasi caesar merupakan hal serius dan tidak boleh disepelekan. “Ibu yang melakukan SC memiliki sayatan di perut ke dalam rahim. Meski beberapa ibu pulih dengan cepat, Anda tetap harus menuruti saran yang diberikan dokter,” ungkap Elizabeth.

Adapun beberapa saran pemulihan yang diberikan Elizabeth Duff yaitu:


1) Bergerak
Jika ternyata tidak terjadi komplikasi serius saat operasi Caesar, sebaiknya seusai operasi Anda segera bergerak tapi dengan perlahan. Ini bisa membantu sirkulasi darah dan membuat Anda pulih lebih cepat.




2) Segera menyusui
Disarankan Anda segera menyusui bayi setelah operasi Caesar. Meski awalnya kurang nyaman dan terasa nyeri di bagian jahitan namun sakitnya akan hilang secara perlahan.


3) Pakaian nyaman
Memakai pakaian longgar dan berbahan katun akan membuat Anda merasa nyaman bergerak setelah operasi.


4) Konsumsi makanan berserat dan cairan yang banyak
Dengan mengonsumsi makanan berserat dan banyak cairan akan membuat Anda terhindar dari sembelit.


5) Bersihkan luka operasi
Saat berada di rumah, jangan lupa selalu menjaga kebersihan luka bekas operasi. Anda bisa mencucinya dengan hati-hari, dengan menepuk perlahan dan hindari menggosoknya.


6) Jangan mengemudi
Sebaiknya Anda meminta tolong agar suami atau orang lain yang mengemudikan mobil saat pergi ke rumah sakit. Tahan diri tidak mengemudi selama 6 minggu sampai Anda dinyatakan pulih.



 

7) Usahakan ada yang membantu Anda di rumah
Tahan diri untuk melakukan pekerjaan berat dan minta tolong orang lain melakukannya untuk Anda.


8) Awas infeksi
Selalu perhatikan dengan luka bekas operasi. Jika merasa demam, luka meradang dan terasa nyeri maka itu bisa dicurigai sebagai infeksi. Segera periksakan diri ke dokter ya, Moms!


9) Minum obat penghilang rasa sakit
Dokter akan memberikan beberapa butir obat penghilang rasa sakit untuk Anda. Jadi jangan lupa meminumnya sesuai resep dokter.

10. Terima pertolongan
Jika Anda sedang berada di luar rumah dan ingin mengangkat sesuatu, maka jangan sungkan untuk meminta tolong kepada orang lain untuk membantu Anda. (Meiskhe/HH/dok.M&B UK)



Tags: persalinan,   operasi,   caesar,   luka,   bekas,   gerak,   asi,   sakit,   nyeri,   demam,   infeksi








Cover Maret 2020