Mother&Baby Indonesia
5 Cara Relaksasi Agar Melahirkan Nyaman dan Lancar

5 Cara Relaksasi Agar Melahirkan Nyaman dan Lancar

Makin deg-degan. Itulah yang terasa ketika momen persalinan semakin dekat. Rasa cemas pun melanda. Anda tentu berharap bisa melahirkan dengan lancar tanpa hambatan. Nah, agar harapan itu dapat terwujud, Moms coba lakukan beberapa tips berikut:

 

1. Pelajari hypnobirthing
Hypnobirthing menggunakan metode relaksasi dan teknik pernapasan yang dapat membantu Anda mengatasi rasa sakit saat melahirkan, menghilangkan rasa cemas dan ketakutan, serta mampu mengontrol emosi. “Dengan mempelajari hypnobirthing saat hamil, Anda akan mengerti kapan dan bagaimana teknik tersebut digunakan saat melahirkan,” ujar Rosie Goode, trainer hypnobirthing seperti dikutip melalui motherandbaby.co.uk.



 

2. Latih pernapasan
Latihlah cara bernapas ketika melahirkan nanti, sambil berhitung. “Bernapas secara perlahan akan meningkatkan jumlah oksigen hingga ke seluruh bagian otot dan akan membuat Anda lebih rileks saat bersalin. Sementara, berhitung akan membuat pikiran Anda sibuk. Lakukan teknik pernapasan dengan perhitungan 7-11! Ambil napas pada hitungan ke-7, lalu hembuskan di hitungan ke-11," ujar Rosie. 

 

3. Fokus
Selama proses kontraksi, Anda mungkin akan berpikir mengenai sakitnya melahirkan saat mencapai pembukaan 9 hingga 10. "Cobalah untuk tetap fokus dengan apa yang sedang Anda alami saat itu saja. Memikirkan hal lain akan membuat Anda panik dan membuat tenaga Anda berkurang,” jelas Rosie. 

 

4. Pijat bagian punggung
Mintalah pasangan untuk memijat punggung Anda. Pemijatan pada bagian punggung dipercaya dapat membuat Anda tenang dan lebih bertenaga untuk melakukan persalinan. Pemijatan juga memicu sistem metabolisme tubuh Anda menjadi lebih baik.



 

5. Gunakan kalimat positif
Selama proses kontraksi berlangsung, ucapkan beberapa kalimat positif yang dapat menguatkan diri Anda, misalnya “Saya pasti bisa melalui ini dan akan segera bertemu dengan bayi saya!” Dengan begitu, Anda bisa melewati proses melahirkan dengan lebih rileks, nyaman, dan bersemangat.

Nah, semoga proses persalinan Anda lancar ya Moms! (Seva/HH/Dok. M&B UK)

BACA JUGA:

10 Rahasia Persalinan Tanpa Stres

Cara Usir Trauma Melahirkan

3 Olahraga Ringan Agar Lancar Melahirkan



Tags: melahirkan,   tenang,   rileks,   hypnobirthing