Mother&Baby Indonesia
5 Tips Agar Rumah Aman Selama Ditinggal Mudik Lebaran

5 Tips Agar Rumah Aman Selama Ditinggal Mudik Lebaran

Hari Raya Idul Fitri sudah di depan mata ya, Moms. Anda mungkin sudah mulai menyicil mempersiapkan kebutuhan untuk mudik lebaran. Misalnya, menyiapkan perlengkapan Si Kecil dan perbekalan makanan untuk keluarga selama di perjalanan. Kenapa? karena dipastikan arus mudik ini menimbulkan kemacetan yang luar biasa. Terlebih, bagi Anda dan keluarga yang memilih mudik lebaran dengan menggunakan kendaraan pribadi.


Nah, satu hal yang kadang luput dari perhatian adalah memastikan rumah yang ditinggalkan dalam keadaan aman selama Anda mudik lebaran. Kenapa demikian? Karena rumah yang kosong ditinggal penghuninya selama masa mudik lebaran, bisa menjadi sasaran penjahat atau pencuri. Selain itu, meninggalkan rumah tanpa melakukan cek dan ricek terlebih dulu juga berisiko menimbulkan masalah. Misalnya, kebakaran karena arus pendek listrik atau kompor yang lupa dimatikan.



 

Nah Moms, berikut 5 langkah yang dapat dilakukan supaya Anda dan keluarga merasa aman saat meninggalkan rumah untuk mudik lebaran:


1. Hindari rumah terlihat kosong!

Moms sebaiknya hindari rumah terlihat kosong atau ditinggalkan penghuninya. Soalnya, hal ini tentu akan mengundang perhatian pencuri. Lampu teras yang menyala di siang hari merupakan salah satu tanda bahwa rumah Anda kosong. Karena itu, untuk menyiasatinya, cobalah gunakan lampu khusus yang bisa diatur waktu menyalanya. Aturlah agar lampu menyala saat malam dan mati di siang hari. Dengan begitu, rumah tidak akan terlihat kosong. Trik lainnya, cobalah Anda taruh beberapa sandal ataupun sepatu di depan pintu agar seolah-olah ada orang di dalam rumah.




2. Laporkan kepergian mudik kepada ketua RT, satpam, dan tetangga terdekat
Hal penting lainnya, beritahu ketua RT, satpam atau petugas keamanan, dan tetangga terdekat yang tidak mudik bahwa Anda akan meninggalkan rumah selama beberapa hari. Catat nomor ponsel satpam yang dapat dihubungi untuk membantu mengecek keadaan rumah. Informasikan pula kepada mereka kalau Anda tidak menerima tamu atau keluarga selama mudik. Jadi, mereka bisa segera memberitahukan Anda bila terdapat aktivitas yang mencurigakan di rumah.


3. Pastikan rumah aman sebelum ditinggalkan
Sebelum meninggalkan rumah, lepas regulator tabung gas karena meski tidak dipakai, gas akan tetap mengalir ke selang yang terpasang pada tabung. Listrik juga perlu diperhatikan! Matikan semua aliran listrik yang tidak diperlukan seperti televisi, AC, kipas angin, komputer, dan lainnya yang dapat menimbulkan korsleting, sehingga memicu kebakaran. Jangan lupa, kunci dan gembok segala akses masuk serta keluar rumah Anda seperti pintu, jendela, dan pagar.


4. Pasang CCTV
Jika memiliki dana lebih, Anda dapat memasang Closed Circuit Television (CCTV) di beberapa sudut rumah. CCTV ini dapat dihubungkan langsung dengan smartphone Anda, sehingga Anda bisa tetap mengawasi rumah dari jauh.


5. Simpan Barang Berharga
Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, tidak ada salahnya jika Anda menyimpan benda-benda dan surat-surat berharga di tempat paling tersembunyi di rumah. Anda juga dapat menggunakan safe deposit box di bank untuk menyimpan barang berharga tersebut agar lebih aman.

Nah, selamat mudik, Moms! Semoga perjalanan Anda lancar dan rumah tetap aman selama ditinggal mudik lebaran. (Seva/HH/Dok.freepik.com)



Tags: mudik,   lebaran,   rumah,  








Cover Maret 2020