Mother&Baby Indonesia
6 Tips Nyaman dan Lancar Menyusui Bayi saat Mudik

6 Tips Nyaman dan Lancar Menyusui Bayi saat Mudik

Moms, mudik bukan halangan untuk tetap memberikan ASI kepada Si Kecil. Kalau segala kebutuhan menyusui dipersiapkan sebaik mungkin, maka menyusui di perjalanan pun akan berjalan lancar. Nah, agar tetap aman dan nyaman menyusui di perjalanan mudik, yuk simak 6 tipsnya berikut ini!


1) Buat daftar perlengkapan yang akan dibawa
Menurut Eka Iyank, Konselor Menyusui dan Anggota Divisi Komunikasi Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia (AIMI), mengingat akan ada banyak barang dibawa saat mudik, maka buatlah list termasuk perlengkapan menyusui di dalamnya. Adapun yang wajib dibawa seperti apron, baju dan bra menyusui, breast pad, pompa ASI, botol, ice gel, air putih, hand sanitizer dan tisu basah. Taruh semua perlengkapan ini dalam satu tas agar mudah Anda ambil saat diperlukan.

 



2) Bawa camilan dan air putih
Karena menyusui cukup menguras energi Anda, sebaiknya bawalah camilan selama dalam perjalanan. Camilan sehat seperti buah-buahan sangat baik dijadikan pilihan karena bisa jadi booster ASI. Selain itu, Moms harus cukup minum agar produksi ASI lancar. Sediakan setidaknya 2-3 liter air selama dalam perjalanan.

 

3) Cari posisi yang nyaman
Kenyamanan menyusui juga bergantung pada moda transportasi yang Anda pilih. Jelas Anda akan lebih nyaman menyusui jika menggunakan mobil pribadi. Soalnya, Anda bisa berhenti sebentar untuk menyusui Si Kecil. Jika Anda menggunakan transportasi umum seperti kereta, bus dan pesawat, maka sebaiknya susui Si Kecil terlebih dahulu sebelum naik ke kereta atau bus. Saat memesan tiket, pilihlah posisi duduk yang nyaman dan tidak menyulitkan Moms dalam menyusui.

 



4) Lebih baik menyusui langsung dari payudara
Menurut Eka Iyank, sebaiknya selama perjalanan hindari memberikan dot, empeng dan botol kepada Si Kecil. Alasannya, karena sedang berada di tempat terbuka, sehingga peralatan tersebut akan mudah terpapar kotoran dan debu.

 

5) Nikmati menyusui selama perjalanan
Tips nyaman menyusui berikutnya adalah Moms harus menikmati menyusui anak selama dalam perjalanan. Perasaan tenang Anda itu juga akan dirasakan Si Kecil sehingga ia bisa menyusu dengan baik. Untuk itu, tentu saja Moms harus berpikir positif dalam keadaan sehat dan bugar, juga banyak beristirahat sebelum mudik.

 

6) Pergi bersama suami dan anggota keluarga
Moms, akan sangat sulit bagi Anda jika mudik hanya berdua bersama bayi. Oleh karena itu, usahakan agar Anda ditemani suami atau anggota keluarga lainnya. Bantuan mereka akan sangat Moms perlukan selama perjalanan. Contohnya, membantu menggendong bayi ataupun mengambil perlengkapan menyusui. (Meiskhe/HH/dok.Today'sParent)



Tags: bayi,   asi,   menyusui,   breastfeeding,   ibu,   mudik,   lebaran,   peralatan,   botol,   dot










Cover Mei-Juni-Juli 2020