Mother&Baby Indonesia
4 Alasan Newborn Tak Perlu Bantal Saat Tidur

4 Alasan Newborn Tak Perlu Bantal Saat Tidur

Terkadang bingung ya Moms memperlakukan bayi baru lahir atau newborn. Si Kecil yang begitu mungil dan masih ringkih ini membuat kita khawatir ketika menggendong, memandikan bahkan menidurkannya. Ya, untuk perkara tidur saja, kita masih bingung apakah Si Kecil perlu menggunakan bantal atau tidak, supaya ia merasa nyaman.

 



Nah, Anda pastinya akan memilihkan bantal yang empuk dengan sarung bantal lembut. Dengan begitu, Si Kecil akan tidur dengan nyaman dan jarang terbangun saat malam. Tapi tahukah Anda, bahwa bayi baru lahir tidak memerlukan bantal untuk tidur?


Ya, newborn dilahirkan dengan bentuk kepala yang masih belum sempurna. Namun, belum tentu ia memerlukan bantal saat tidur karena ternyata sangat berbahaya. Berikut 4 alasan newborn tidak perlu bantal saat tidur:


1. Membuat Sulit Bernapas
Jika Anda berpikir Si Kecil tidur dengan kepala di atas bantal akan membantunya tidur lebih nyenyak, Anda keliru. Justru kepala bayi yang lembut bisa “masuk” ke bantal lembut sehingga meningkatkan kemungkinan risiko mati lemas. Selain itu, lubang hidung bayi yang kecil dan lembut bisa tertekan oleh bantal dan membatasi aliran udara saat bayi menggerakkan kepala dari satu sisi ke sisi yang lain.


2. Meningkatkan Risiko SIDS
Selain sesak napas, bantal meningkatkan risiko sindrom kematian bayi mendadak atau SIDS dengan berbagai cara. Jika bantal itu diisi dengan sponge atau thermocol beads, yang bisa keluar tanpa sengaja, bisa menyebabkan bayi tersedak. Selain itu, bantal tapal kuda yang digunakan secara tradisional untuk menopang kepala halus, bisa membatasi pergerakan bayi Anda.




3. Menimbulkan Panas Berlebih
Ada bantal bayi yang memiliki penutup yang menarik yang biasanya terbuat dari poliester atau kain selain kapas. Namun, ini justru bisa meningkatkan panas di bawah kepala dan menyebabkan fluktuasi suhu dalam tubuh. Keringat atau panas berlebih karena sarung bantal bisa mengakibatkan kondisi yang disebut hipertermia yang fatal dan mengancam nyawa.

 

4.Kepala Datar
Tidur di bantal lembut terlalu lama dapat menyebabkan sindrom kepala datar pada bayi karena tekanan konstan. Keadaan tersebut membuat kepala semakin datar bila Anda tidak mengganti posisi kepala miring ke kiri ataupun ke kanan dalam kurun waktu tertentu.

 

Nah, mulai sekarang hindari Si Newborn menggunakan bantal lagi ya Moms!(Seva/HH/Dok. Freepik)



Tags: newborn,   tidur,   bayi








Cover Januari - Februari 2020