Mother&Baby Indonesia
 Bayi Ngeces Berlebihan, Apa Bahayanya?

Bayi Ngeces Berlebihan, Apa Bahayanya?

Moms, apakah Si Kecil sering mengeluarkan air liur? Menurut ahli, mengeluarkan air liur atau dikenal juga dengan istilah ngeces, adalah sesuatu yang wajar dilakukan oleh bayi hingga usianya 2 tahun. Ini terjadi karena bayi belum mampu menelan dan mengontrol pengeluaran air liur dengan baik. Namun seiring dengan pertambahan usia, ngeces akan semakin jarang terjadi pada bayi.

 

Biasanya ngeces paling sering terjadi ketika bayi sedang tumbuh gigi. Hal ini normal terjadi. Tapi, bagaimanakah ngeces yang tidak normal dan bisa menimbulkan bahaya? Dikutip dari Idai.or.id, dr. Otty Mitha Sevianti, Sp.A menjelaskan bahwa ngeces dianggap berbahaya apabila produksinya berlebihan dan mengganggu pola napas dan aktivitas bayi sehari-hari. Produksi air yang berlebih dan ketidakmampuan bayi dalam mengontrol akan berisiko bayi tersedak dan mengalami pneumonia aspirasi (radang paru karena tersedak). Selain itu ngeces juga akan mengganggu penampilan bayi sehari-hari.



 



Nah, jika Moms menemukan kondisi seperti ini pada Si Kecil, sebaiknya langsung periksakan ke dokter anak. Biasanya dokter akan memberikan terapi okupasi dan obat untuk mengurangi ngeces tersebut. (Meiskhe/HH/dok.Freepik)



Tags: bayi,   ngeces,   produksi,   air_liur,   ludah,   penyakit,   normal,   bahaya,   gejala,   dokter,   risiko








Cover Maret 2020