Mother&Baby Indonesia
9 Trik Mengatasi Bayi Susah Makan

9 Trik Mengatasi Bayi Susah Makan

Si Kecil susah makan? Anda tidak sendirian Moms. Ada banyak orangtua yang mengeluhkan masalah ini. Sebagian besar Moms bahkan kewalahan menghadapinya. Biasanya bayi sulit makan itu disebabkan oleh beragam hal. Misalnya, karena gangguan fisik seperti tidak enak badan atau sakit dan tumbuh gigi. Selain itu, fase perkembangan bayi juga bisa menjadi penyebab ia tidak berminat mengonsumsi makanan. Nah, kira-kira bagaimana ya cara mengatasi Si Kecil yang sulit makan?
Berikut triknya!


1)  Cari tahu penyebab bayi sulit makan terlebih dahulu. Misal, apabila anak sulit makan karena tumbuh gigi, Anda bisa mengganti menunya dengan makanan yang bisa menyamankan giginya.

 



2) Jika Anda ingin mengenalkan makanan baru pada bayi, hindari dalam jumlah banyak dan jangan mengenalkan dua jenis makanan secara bersamaan.

 

3) Bila bayi hanya menolak satu jenis makanan, misalnya sayur-sayuran, jangan menyerah untuk memberikannya di hari lain.

 

4) Biarkan Si Kecil mencoba makanannya sendiri. Misalnya, hanya mengecap lalu melepehnya kembali. Tidak mengapa, karena ia sudah berusaha untuk mencicipi makanannya.

 

5) Jangan paksa bayi menelan makanan yang diberikan.

 

6) Berikan waktu kepada Si Kecil untuk mengenal dan mempelajari makanan yang diberikan.

 



7) Berikan makanan yang bersuhu sama dengan ruangan. Kenapa? karena makanan terlalu dingin atau panas akan ditolaknya.

 

8) Bebaskan Si Kecil menggunakan kedua tangannya untuk memegang makanan.

 

9) Sebaiknya siapkan makanan yang disukai Si Kecil, selain menu makanan yang sudah ada. Jika Si Kecil menolak makanan yang diberikan maka sajikan makanan yang disukainya. (Meiskhe/HH/dok.Pexels)

BACA JUGA:

Tips Mengatasi Bayi Melepeh Makanan

Temulawak Untuk Meningkatkan Nafsu Makan Anak

Mengapa Si Kecil Sulit Gemuk?



Tags: bayi,   makanan,   nutrisi,   sulit_makan,   trik,   sakit,   penyebab,   gangguan,   perkembangan,   porsi,   sabar