Mother&Baby Indonesia
Cara Tepat Atasi Sembelit saat Hamil

Cara Tepat Atasi Sembelit saat Hamil

Moms, sembelit tidak hanya terjadi ketika kita kurang mengonsumsi makanan yang berserat. Sembelit juga bisa terjadi di masa kehamilan lho, Moms. Ya, akibat perubahan hormon selama kehamilan, ibu jadi mudah mengalami sembelit. Sebenarnya sembelit selama hamil tidak tergolong hal yang membahayakan, tapi tentu saja membuat Anda jadi tidak nyaman. Pencernaan yang tidak lancar membuat perut terasa semakin begah. Nah, jika Moms kerap mengalami sembelit, coba lakukanlah hal-hal berikut untuk mencegah dan mengatasinya!

1. Konsumsi banyak cairan setiap hari

Selama hamil, Moms jangan lupa untuk mengonsumsi lebih banyak cairan. Jika biasanya hanya 8 gelas, selama hamil coba tambah 2-3 gelas lagi. Jadi setiap hari mengonsumsi lebih dari 10 gelas.




2. Konsumsi banyak serat

Sembelit dapat dicegah jika Moms rajin mengonsumsi buah dan sayuran. Buah dan sayuran mengandung banyak serat dan cairan sehingga membuat pencernaan lebih lancar.


3. Banyak bergerak

Lakukanlah kegiatan yang membutuhkan banyak gerakan dan menyehatkan seperti berjalan kaki, berenang, atau jalan ringan menggunakan treadmill.




4. Konsultasi dengan dokter

Jika Anda sudah berusaha namun sembelit tak kunjung sembuh, segera periksakan diri ke dokter. Dokter akan memberi obat untuk mengatasi sembelit yang aman dan tidak membahawakan kehamilan. (Meiskhe/HH/dok.Istimewa)


 

 



Tags: kehamilan,   sembelit,   tips,   bab,   dokter,   obat,   gerak,   makanan,   cairan








Cover Januari - Februari 2020