Mother&Baby Indonesia
Cara Menyiasati Asupan Nutrisi Bumil Vegetarian

Cara Menyiasati Asupan Nutrisi Bumil Vegetarian

Bagi Anda yang sedang hamil dan menerapkan pola makan vegetarian, tak perlu khawatir kekurangan nutrisi. Pasalnya, jika tahu cara menyiasatinya maka Anda dan janin di dalam rahim tetap mendapatkan nutrisi yang baik. Dilansir dari Foxnews.com, justru dengan mengonsumsi banyak sayur dan buah selama kehamilan, akan memberikan banyak manfaat kesehatan. Selain itu, nutrisi seperti protein, kalsium dan vitamin  B12 yang lebih banyak ditemukan dalam sumber makanan hewani, tetap bisa terpenuhi karena ketiga asupan nutrisi ini juga ditemukan dalam sumber vegetarian.

Nah, berikut daftar makanan yang mengandung 3 nutrisi tersebut:

1) Protein
Protein memang lebih banyak ditemukan dari sumber hewani. Tapi, bukan berarti sulit mendapatkan protein dari sumber nabati. Beberapa contoh makanan tinggi protein nabati antara lain hampir semua jenis kacang-kacangan dan tahu. Sementara bagi yang semi vegetarian bisa mendapatkan protein dari telur, susu dan produk turunannya seperti keju dan yogurt.




2) Kalsium
Susu dapat menjadi sumber kalsium yang baik bagi ibu hamil vegetarian. Di dalam segelas susu (240 ml) mengandung sekitar 305 mg kalsium, yakni memenuhi 1/3 dari kebutuhan kalsium ibu hamil yaitu sebesar 1.000 mg. Ini disesuaikan dengan kebutuhan kalsium ibu hamil yang ditetapkan oleh American College of Obstetricians and Gynecologists (ACOG).
Bagi vegetarian yang tidak mengonsumsi susu, kalsium bisa diperoleh dari sayuran berdaun gelap, kacang-kacangan dan biji-bijian tertentu, tapi mungkin kadar kalsiumnya tidak tinggi. Oleh karena itu, tambahkan dengan mengonsumsi jus jeruk yang difortifikasi.




3) Vitamin B12
Vitamin B12 adalah jenis vitamin yang agak sulit ditemukan dalam sumber makanan vegetarian. Jika kekurangan vitamin ini maka bisa membahayakan janin karena mengalami cacat. Solusinya adalah konsumsi ikan dan susu. Tapi untuk yang tidak mengonsumsinya bisa mempertimbangkan untuk meminum suplemen tambahan.


Meski nutrisi bagi bumil vegetarian tetap bisa terpenuhi dengan mengonsumsi makanan sehari-hari, namun ada baiknya Anda selalu berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan solusi dan daftar nutrisi yang Anda butuhkan. (Meiskhe/HH/dok.FoxNews)



Tags: kehamilan,   bumil,   makanan,   nutrisi,   vegetarian,   sayur,   buah,   sehat,   protein,   kalsium,   vitamin








Cover Januari - Februari 2020