Mother&Baby Indonesia
Pola Makan Sehat untuk Bumil Kembar

Pola Makan Sehat untuk Bumil Kembar

Moms, hamil janin kembar 2 ataupun 3 bukan berati Anda harus makan 2 atau 3 kali lipat dari biasanya. Dikutip melalui buku What to Expect When You're Expecting, calon ibu bayi kembar sebaiknya makan 150-300 kalori lebih banyak per hari. Berikut anjuran pola makan ketika mengandung bayi kembar:

 

1. Makanlah dengan Porsi Kecil

Semakin besar perut Anda maka akan semakin sedikit makanan yang ingin dikonsumsi karena Anda merasa begah. Mengunyah lima atau enam makanan dan camilan sehat dalam porsi kecil akan mencegah saluran pencernaan Anda kelebihan beban. Anda pun tetap akan bertenaga selama beraktivitas.



 

2. Konsumsi Makanan Mengandung Kalori

Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi makanan yang mengandung kalori tinggi dapat meningkatkan peluang Anda untuk melahirkan bayi kembar yang sehat dan cukup bulan.

 

3. Perlu Tambahan Gizi

Wanita yang mengandung bayi kembar disarankan untuk memeroleh tambahan protein, kalsium dan karbohidrat. Anda dapat makan kentang, susu UHT dan telur selama hamil. Mintalah petunjuk dokter agar porsi makanan Anda tidak berlebihan.



 

4. Asupan Zat Besi

Komponen gizi lain yang asupannya perlu Anda tingkatkan adalah zat besi. Komponen ini membantu tubuh Anda menghasilkan sel-sel darah merah dan membantu mencegah anemia yang sering terjadi pada kehamilan bayi kembar. Dokter akan memberikan suplemen tambahan zat besi untuk dikonsumsi selama kehamilan.  Anda juga dapat menambah dengan mengonsumsi makanan seperti, daging merah, buah-buahan yang dikeringkan dan bayam.

 

5. Air Putih

Dehidrasi dapat meningkatkan risiko persalinan prematur. Minumlah lebih dari 8 gelas per hari untuk menghindari dehidrasi.

Semoga kehamilan kembar Anda selalu sehat hingga tiba masa persalinan ya Moms! (Seva/HH/Dok. freepik)



Tags: kembar,   bayi,   twin baby,   hamil








Cover Maret 2020