Mother&Baby Indonesia
Ini Manfaat Menyimpan Tali Pusar Bayi

Ini Manfaat Menyimpan Tali Pusar Bayi

Moms, Anda tentu tahu tentang tali pusar atau umbilical cord. Saat masih dalam kandungan, makanan yang Anda konsumsi akan sampai pada janin melalui tali pusar ini. Ternyata, manfaat tali pusar tidak berhenti pada saat Si Kecil dalam kandungan lho.

 

Teknologi medis terbaru memungkinkan tali pusar, atau bagian penting dari tali pusar, untuk disimpan dan digunakan jika Si Kecil suatu saat membutuhkannya. Bagian yang disimpan ini adalah sel punca atau lebih sering dikenal sebagai stem cell.



 

Menurut direktur laboratorium Cordlife Group Limited, Li Ming Ming, PhD., sel punca dapat membelah diri dan berkembang menjadi berbagai macam sel dalam tubuh. Inilah potensi sel punca yang dapat digunakan jika suatu saat Si Kecil menderita penyakit berat.

 

“Sel punca memiliki dampak yang baik untuk anak dengan kelainan darah seperti leukimia dan thalasemia. Selain itu, dapat juga digunakan untuk anak dengan cerebral palsy,” jelas Li dalam acara Edukasi Terapi dan Perkembangan Sel Punca yang diadakan beberapa waktu yang lalu di Jakarta.



 

Pada anak dengan cerebral palsy, terapi sel punca bermanfaat untuk meningkatkan fungsi tubuh dan saraf motorik, ujar Li. Sedangkan pada kelainan darah, sel punca terbukti bermanfaat bagi pasien. Seperti seorang anak yang terjangkit lymphoblastic leukimia pada usia 3 tahun, berhasil sembuh setelah melakukan terapi menggunakan sel punca dari tali pusar adiknya yang disimpan di bank tali pusar.

 

Sampai saat ini layanan terapi sel punca ini ada di RSCM Jakarta dan RS Dr. Sutomo Surabaya. Tertarik, Moms? (Nadia/HH/dok. Freepik)



Tags: bayi,   sel_punca,   riset,   tali_pusar,   stem_cell,   penyakit,   kesehatan,   anak,   terapi










Cover April 2020