Mother&Baby Indonesia
Cara Tepat Memilih Sikat dan Pasta Gigi untuk Anak

Cara Tepat Memilih Sikat dan Pasta Gigi untuk Anak

Moms, ada banyak hal yang perlu Anda perhatikan dalam merawat kesehatan mulut Si Kecil. Salah satunya adalah memilih sikat dan pasta gigi yang tepat untuk anak. Nah, apa saja kriteria sikat dan pasta gigi yang baik untuk anak?

 

1) Pasta Gigi



Pasta gigi sangat penting karena memiliki banyak fungsi dalam merawat gigi anak. Tidak hanya sebagai pembersih yang membantu menghilangkan sisa-sisa makanan di sekitar gigi dan gusi, tapi juga fluorida di dalamnya bermanfaat untuk memperkuat dan melindungi gigi dari pembusukan. Dengan pasta gigi, maka mulut Si Kecil akan segar dan bersih. Nah, khusus untuk anak, pilihlah pasta gigi yang memang dibuat untuk gigi susu yang kandungan fluoridanya lebih rendah dari pasta gigi dewasa. Dengan pasta gigi rendah fluorida maka gigi anak tidak mengalami fluorosis atau perubahan warna. Agar lebih pasti, sebaiknya pilihlah pasta gigi yang telah mendapatkan akreditasi dari organisasi kedokteran gigi profesional. 

 



2) Sikat gigi

Adapun kriteria sikat gigi yang baik untuk anak adalah:

  • Bulu harus lembut dan kepala sikat gigi harus kecil, untuk memudahkan anak menyikat sampai gigi belakang.
  • Permukaan sikat gigi harus rata. Carilah yang ujung bulunya bulat agar tidak menggores gigi.
  • Hindari penggunaan sikat gigi dewasa karena ukurannya terlalu besar dan tidak nyaman dipakai anak. Bulu sikat juga lebih kasar dan keras.
  • Pilih jenis sikat gigi dengan pegangan yang baik karena bisa memaksimalkan keterampilan motorik anak.
  • Simpan sikat gigi dalam posisi tegak di tempat kering dan pastikan sikat gigi tidak bersentuhan dengan sikat gigi lainnya untuk menghindari perpindahan kuman.
  • Ganti sikat gigi anak kalau sudah ada tanda-tanda kerusakan, misalnya bulu sudah mekar.
  • Ganti sikat gigi anak secara berkala dalam 4 bulan atau setelah anak sembuh dari sakit. (Meiskhe/HH/dok.Freepik)

 



Tags: balita,   anak,   pasta_gigi,   sikat_gigi,   gigi_susu,   kesehatan,   kebersihan,   mulut,   gusi,   gigi,   lidah,   fl










Cover Mei-Juni-Juli 2020