Mother&Baby Indonesia
3 Manfaat Perawatan Metode Kanguru

3 Manfaat Perawatan Metode Kanguru

Moms, penanganan bayi dengan berat lahir rendah memang harus diperhatikan dengan baik. Nah, salah satu yang penting dilakukan adalah Kangaroo Mother Care (KMC). KMC atau Perawatan Metode Kanguru (PMK) merupakan alternatif pengganti inkubator dalam perawatan bayi dengan berat lahir rendah.


Beberapa kelebihan dari PMK antara lain adanya kontak kulit Si Kecil ke kulit Anda. Tubuh Anda akan menjadi thermoregulator bagi Si Kecil sehingga ia merasakan kehangatan. Ada beberapa manfaat yang bisa Anda dan bayi dapatkan berkat perawatan metode kanguru, yaitu:




1. Bayi Mudah Beradaptasi
Menurut Malika D. Shah, M.D., Assistant Professor dokter anak dan neonatologi di The Northwestern University Feinberg School of Medicine, setelah ibu melahirkan, bayi tidak mengatur suhunya sendiri. Maka dengan skin to skin contact, ia akan merasakan nyaman. Karena kulit Anda adalah suhu yang sama seperti rahim, bayi akan lebih mudah untuk beradaptasi dengan lingkungannya.


2. Meningkatkan Berat Badan Bayi
One Cochrane Library menyimpulkan bahwa kontak kulit dapat meningkatkan berat badan bayi baru lahir. “Ketika bayi merasa hangat, ia tidak perlu menggunakan energinya untuk mengatur suhu tubuh. Bayi bisa menggunakan energi itu untuk tumbuh sebagai gantinya,” ujar Susan M. Ludington, R.N., Ph.D., Direktur Eksekutif dari The United States Institute for Kangaroo Care.




3. Mengurangi Post Partum Depression
Berbagai penelitian menunjukkan bahwa perawatan kanguru mengurangi Post Partum Depression. Menurut Journal of Maternal/Child Nursing, kontak skin to skin dapat meminimalkan risiko depresi serta hormon oksitosin yang dikeluarkan saat proses skin to skin dapat mengurangi rasa cemas pada ibu.


4. Menyusui Menjadi Lebih Mudah
“Bayi yang baru lahir secara naluri memiliki indera penciuman yang tajam. Skin to skin akan membantu bayi secara alami mencari puting ibu untuk menyusui,” ujar Katie Dunning, R.N., koordinator klinik bersalin di Mount Sinai Hospital. Bahkan, ibu yang berlatih perawatan kangguru lebih mungkin untuk menyusui secara eksklusif. Rata-rata, ibu ini memberikan ASI tiga bulan lebih lama daripada ibu lain yang tidak berlatih perawatan metode kanguru.


 



Tags: kangguru,   mother care,   perawatan,   bayi,   prematur








Cover Januari - Februari 2020