Mother&Baby Indonesia
Yuk, Ajarkan Si Kecil Mengelola Uang Lebaran

Yuk, Ajarkan Si Kecil Mengelola Uang Lebaran

Saat lebaran Si Kecil biasanya mendapatkan "amplop" dari para kerabat seperti om, tante, kakek, dan nenek. Mungkin Anda berpikir belum waktunya Si Kecil belajar tentang uang. Tapi, tidak ada salahnya mengajarkan pentingnya mengatur uang sejak dini lho, Moms. Tentunya dengan cara yang mudah dan simpel. Berikut beberapa cara mengajarkan pentingnya keuangan pada Si Kecil.

 

1. Jangan Habiskan Semua.
Ketika mendapatkan banyak amplop dari kerabat, ajarkan pada Si Kecil agar tidak langsung menghabiskannya sekaligus. Salah satu caranya adalah dengan memberi contoh. Lakukan perencanaan sederhana sebelum belanja dan minta Si Kecil melakukannya. Kemudian, Anda cukup membawa uang yang diperlukan, sementara yang lainnya ditabung.



 

2. Tabung dengan Toples
Setelah Si Kecil menghabiskan sebagian uangnya untuk membeli barang, ajari ia untuk menabung sisa uang untuk keinginannya yang lain. Agar menarik, gunakan toples yang ditempeli gambar atau foto tujuan tabungan tersebut. Misalnya, toples pertama dengan gambar mainan yang ia inginkan, kemudian toples kedua dengan gambar taman bermain yang akan Si Kecil kunjungi pada liburan berikutnya.



 

3. Jangan Lupa Berbagi
Ajari Si Kecil untuk menyisihkan sebagian dari uang yang ia dapatkan untuk disumbangkan pada anak lain yang lebih membutuhkan. Dengan mengajarkan hal ini, Si Kecil belajar bahwa uang bisa digunakan untuk menolong orang lain, bukan hanya untuk membeli mainan atau barang lainnya.(Nadia/HH/Dok. Pixabay.com)



Tags: tabungan,   menabung,   lebaran,   uang,   tips










Cover Mei-Juni-Juli 2020