Home - Keluarga - Keuangan Keluarga / 19 Juni 2017 / Redaksi

4 Strategi Mengatur Keuangan Menjelang Hari Lebaran

Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran 2017 tinggal hitungan hari. Sudahkah Moms mempersiapkan segala kebutuhan untuk lebaran nanti? Biasanya, di momen lebaran pengeluaran Anda akan lebih banyak daripada biasanya. Soalnya, Anda akan berbelanja berbagai hal kebutuhan untuk merayakan lebaran bersama keluarga dan kerabat.


Nah, supaya tak boros dan menguras tabungan Anda, ada baiknya Moms menghitung dengan cermat biaya-biaya yang akan dikeluarkan saat lebaran. Ya, Anda perlu memiliki strategi dalam mengelola, mengatur, dan memaksimalkan keuangan keluarga menjelang lebaran. Berikut caranya!


1) Fokus membeli sesuai kebutuhan lebaran
Menjelang lebaran akan ada banyak sale atau diskon yang sangat menggiurkan. Mungkin saja Moms akan dibuat terlena dengan potongan harga atau diskon sampai 80 persen! Tapi tahan diri dulu ya, Moms. Belilah kebutuhan yang Anda benar-benar perlukan saja. Coba buat list kira-kira apa saja barang yang akan dipakai saat lebaran nanti. Pastikan membeli sesuai kebutuhan, bukan karena keinginan semata.


2) Jangan habiskan uang semuanya
Tak dipungkiri kalau momen lebaran sangat lekat dengan perayaan yang membutuhkan dana tidak sedikit. Meski begitu, jangan menghabiskan semua uang untuk membeli kebutuhan lebaran ya! Ingat Moms, kehidupan masih terus berlanjut. Selain itu, akan ada dana darurat yang mungkin Anda keluarkan di hari H lebaran dan setelahnya.


3) Gunakan THR dengan bijak
Buat Anda yang mendapatkan Tunjangan Hari Raya (THR), gunakanlah dana itu sebijak mungkin. Menurut konsultan keuangan Farah Dini dari Janus.id, THR tidak boleh terbuang percuma. Gunakanlah THR itu untuk hal penting, seperti membayar zakat. Bagi yang memiliki asisten rumah tangga, bayarlah THR mereka terlebih dahulu. Sisa THR kemudian bisa dipakai untuk membeli kebutuhan lebaran atau ditabung.


4) Buat anggaran sendiri untuk perjalanan mudik
Pulang kampung atau mudik biasanya paling banyak membutuhkan biaya. Karena itu, Anda perlu merencanakan anggaran jauh-jauh hari, terutama jika Anda dan keluarga mudik menggunakan transportasi umum. Sebaiknya biaya perjalanan mudik ini ada posnya sendiri ya, Moms. Beberapa hal yang termasuk dalam biaya mudik adalah tiket, biaya selama perjalanan termasuk makan dan obat-obatan, oleh-oleh, tiket masuk tempat rekreasi, dan sebagainya. Usahakan selama mudik bawa uang tunai secukupnya saja, agar Anda tidak tergoda membeli barang yang tidak terlalu dibutuhkan.

Nah, selamat mengelola keuangan keluarga Anda menjelang lebaran 2017 ini ya Moms!(Meiskhe/HH/dok.Freepik)

share to BBM





RELATED ARTICLE

5 Hal Penting dalam Menyiapkan Dana Pendidikan Anak

Mempersiapkan Pengeluaran Menjelang Mudik Lebaran

4 Solusi Tepat Mengatasi Krisis Keuangan Keluarga



OTHER ARTICLES

Tips Memilih dan Memasang Car Seat untuk Balita

Asah Kemampuan Berpikir Si Kecil dengan Cara Ini, Moms!

Cara Sembuh dari Trauma Persalinan

Kondisi Kesehatan bisa Dilihat dari Kuku

Waktu yang Tepat untuk Mengejan saat Melahirkan