Mother&Baby Indonesia
Berhati-hatilah Memilih ART Infal, Ini Tipsnya!

Berhati-hatilah Memilih ART Infal, Ini Tipsnya!

Menjelang Lebaran, umumnya Asisten Rumah Tangga (ART) mudik ke kampung halaman. Maka mau tak mau Anda harus mencari ART musiman atau infal untuk sementara. Mungkin Moms sedikit khawatir karena selama ini banyak berita 'tidak baik' tentang ART infal. Namun, masih ada juga yang aman kok, Moms.

Hanya saja, Anda benar-benar harus teliti dan tidak mempekerjakan orang tanpa mengetahui identitas, karakter dan cara kerjanya. Agar tidak salah memilih ART infal, yuk perhatikan tips berikut Moms:


1) Pilih dari agen atau penyalur terpercaya
Menjelang Lebaran akan ada banyak penyalur yang muncul menawarkan jasa ART infal. Jangan tergoda Moms. Gunakan agen yang sudah terpercaya. Agen yang dipilih harus berbadan hukum dan didukung dengan testimoni yang baik dari penggunanya. Anda juga bisa meminta rekomendasi dari sahabat tentang penyalur yang akan dipilih.




2) Lakukan wawancara
Untuk mengetahui identitas dan karakter ART yang akan Anda gunakan untuk sementara waktu, maka Anda wajib melakukan wawancara. Tanyakan dengan jelas tentang keluarga, asal, pengalamannya sebagai ART, bahkan penyakit yang pernah dideritanya.

 

3) Buat kerja sama tertulis
Sebaiknya buatlah kerja sama tertulis dengan penyalur dan ART infal yang dipilih. Dengan begitu, Anda punya bukti resmi kalau misalnya ada sesuatu yang terjadi di kemudian hari.


4) Simpan barang berharga di tempat aman
Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, jangan meletakkan benda-benda berharga di sembarang tempat di rumah, seperti uang, gadget, emas dan lain-lain. Lebih baik, Anda simpan di kamar dan selalu kunci ketika Anda meninggalkan rumah.



 

5) Terapkan aturan

Terapkan aturan yang jelas saat mempekerjakan ART infal, misalnya tentang hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan selama bekerja dan ruangan mana saja yang tidak boleh dimasuki di dalam rumah. Dengan menetapkan aturan yang jelas maka Anda akan bisa lega dan ART infal pun tahu batas-batasannya.


6) Perlakukan dengan baik
Meski hanya bekerja dalam waktu singkat dengan Anda, namun tetap perlakukan ART infal dengan baik ya, Moms. Dengan begitu ia juga akan bekerja dengan baik dan menghormati Anda sebagai pengguna jasanya. (Meiskhe/HH/dok.Freepik)



Tags: keluarga,   asisten,   rumah_tangga,   infal,   bekerja,   rumah,   tips,   cara,   wawancara,   identitas,   karakter








Cover Maret 2020