Mother&Baby Indonesia
Trik agar ART Kembali Bekerja Setelah Mudik

Trik agar ART Kembali Bekerja Setelah Mudik

Problem klasik menghadapi Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran tidak hanya kemacetan yang luar biasa di saat mudik. Akan tetapi, ada hal lain yang juga seringkali menjadi problem yang khas, yaitu Asisten Rumah Tangga (ART) yang tidak akan kembali bekerja lagi setelah mudik. Ya, inilah masalah klasik yang hampir dihadapi semua rumah tangga.


Nah, jika hal itu terjadi pada Anda, cobalah bertanya-tanya kenapa “Si Mbak” berencana tidak akan kembali lagi. Apakah ada yang salah dengan sikap atau perilaku Anda dan anggota keluarga selama ini? Gaji yang kurang atau masalah pribadi yang sedang dialami Si ART? Sangat disayangkan ya Moms, kalau ternyata selama ini hasil kerjanya baik dan sudah dekat dengan anak-anak, tapi “Si Mbak” tak betah dengan Anda.



 

Nah Moms, agar ART betah dan mau kembali bekerja setelah mudik, lakukanlah 5 cara berikut ini!

1) Perlakukan ART dengan baik
Anda dan keluarga harus sepakat untuk memperlakukan ART dengan baik. Meskipun Anda mempekerjakannya untuk membantu pekerjaan rumah tangga, bukan berarti Anda dan anggota keluarga memandang rendah statusnya. Dengan perlakuan yang baik maka diharapkan ia akan betah dan mau bekerja kembali.


2) Bangun kedekatan dengan ART
Saat mempekerjakan ART, tanyakan tentang latar belakangnya, seperti keluarga dan asalnya. Seringlah berbincang dan menjalin komunikasi dengan ART agar terbangun kedekatan di antara kalian. Anda juga bisa bertanya mengenai masalah yang dihadapinya. Kalau memang Anda bisa membantunya untuk keluar dari masalah itu, maka jangan ragu mengulurkan tangan.




3) Berikan THR tepat waktu
Sebagai pekerja, ART berhak mendapatkan THR yang jumlahnya satu kali gajinya setiap bulan. Ingatlah untuk memberikannya tepat waktu ya, Moms. Selain itu, kalau masih ada dana lebih, Anda bisa memberikan bingkisan atau oleh-oleh untuk dibawa keluarganya saat pulang kampung.


4) Minta ART jujur
Sebelum mudik, tanyakan berapa lama ia akan mudik dan kapan kembali. Minta ART menjawab dengan jujur apakah ia benar-benar kembali atau tidak. Kalau misalnya tidak, maka Anda bisa segera mencari penggantinya.


5) Jangan memaksa
Jangan sampai Moms melakukan tindakan berlebihan dengan memaksa ART agar mau kembali bekerja ya. Kalau selama ini Anda dan anggota keluarga sudah memperlakukannya dengan baik dan memberi gaji dan bonus yang cukup pula, maka mungkin ART tidak kembali karena alasan pribadinya sendiri. Berusahalah legawa dan berharap mendapatkan ART baru yang lebih baik. (Meiskhe/HH/dok.Freepik)


 


 



Tags: keluarga,   asisten,   mudik,   lebaran,   bekerja,   rumah_tangga,   nanny,   babysitter








Cover Januari - Februari 2020