Mother&Baby Indonesia
6 Perlengkapan Bayi yang Wajib Dibawa saat Mudik

6 Perlengkapan Bayi yang Wajib Dibawa saat Mudik

Di momen Lebaran tahun lalu, Anda mungkin masih mudik berdua bersama suami. Tapi di tahun ini, mudik menjelang Lebaran jadi berbeda karena adanya Si Kecil. Karena baru pertama kali membawa bayi mudik, Moms pun jadi khawatir ia rewel di perjalanan.

 

Nah, agar bayi bisa tenang selama perjalanan, persiapkan segala sesuatunya dengan baik jauh-jauh hari. Barang-barang yang Anda bawa mungkin akan lebih banyak karena ada tambahan perlengkapan bayi. Berikut adalah daftar perlengkapan bayi yang tidak boleh Anda lewatkan saat mudik!




1) Perlengkapan makan dan menyusui
Bagi Moms yang memberikan ASI eksklusif Si Kecil, wajib membawa perlengkapan yang membantu Anda menyusui dalam perjalanan. Misalnya apron, handuk, tisu, breastpad, botol, pompa ASI, kotak pendingin, ice gel dan sebagainya. Dengan membawa peralatan itu, akan membantu Anda menyediakan suplai ASI yang cukup untuk bayi. Sementara bagi bayi yang sudah diberikan MPASI,  bawalah bekal MPASI untuknya dan camilan berupa buah dan biskuit.

 

2) Obat-obatan dan P3K
Anda tidak bisa memprediksi apa yang akan terjadi dalam perjalanan. Karena itu, bawalah kotak obat dan P3K dengan isi lengkap. Ini akan membantu Anda memberikan pertolongan pertama kepada Si Kecil semisal bila ia masuk angin, sakit perut, ataupun terbentur saat dalam perjalanan mudik.

 



3) Popok bayi
Membawa popok adalah sebuah keharusan karena merupakan kebutuhan utama Si Kecil selain makanan. Untuk jumlahnya coba sesuaikan dengan kebutuhan Si Kecil selama perjalanan, misalnya 6-8 popok per hari. Tak usah membawa terlalu banyak karena malah menambah barang bawaan. Selain itu, sertakan tisu basah dan kantong plastik dalam tas tempat meletakkan popok.


4) Mainan favorit bayi
Mainan sangat ampuh mengatasi bayi yang rewel dalam perjalanan. Bawalah 4-5 mainan berbeda dan mudah menarik perhatian bayi.


5) Pakaian secukupnya
Sesuaikan jumlah pakaian yang akan Anda bawa dengan lamanya Anda mudik. Hitung berapa kali Si Kecil ganti baju dalam sehari. Bawa pula baju tambahan untuk perayaaan lebaran dan jalan-jalan.


6) Stroller
Stroller akan sangat membantu Anda agar tidak kelelahan menggendong Si Kecil terutama ketika mengunjungi tempat rekreasi di kampung halaman setelah lebaran. Karena itu, bawalah stroller saat mudik. Kini sudah banyak stroller yang bentuknya kompak, ringan dan mudah dibawa ke mana-mana. (Meiskhe/HH/dok.Freepik)



Tags: keluarga,   lebaran,   perlengkapan,   mudik,   bayi,   perjalanan,   asi,   mpasi,   popok,   obat,   stroller








Cover Januari - Februari 2020