Mother&Baby Indonesia
5 Momen Penting yang Akan Diingat Anak Di Masa Depan

5 Momen Penting yang Akan Diingat Anak Di Masa Depan

Moms, ada momen di mana seseorang mengenang masa lalu. Salah satunya, kebersamaan dengan orangtua, baik itu mengenang rasa bahagia maupun sedih. Sama halnya juga dengan Si Kecil. Saat beranjak besar, anak akan mengingat hal-hal yang pernah orangtuanya lakukan kepadanya, baik itu berupa kenyamanan maupun ketidaknyamanan.


Oleh karena itu, Moms perlu selalu menciptakan momen-momen menyenangkan dengan Si Kecil sejak sekarang, sehingga kelak ia akan mengingat banyak kenangan bahagia saat kecil dulu. Nah, selain momen menyenangkan, ada juga hal-hal lain yang bakal diingat anak sepanjang hidupnya. Apa saja?

 



1) Momen ia merasa aman dan tidak aman
Anak butuh dilindungi. Ia akan mengingat masa-masa di mana Anda menemaninya terbangun karena mimpi buruk atau mengusir monster yang ada di kolong tempat tidur, misalnya. Ia juga akan mengingat momen di mana Anda marah besar ataupun menakut-nakutinya dengan berpura-pura jadi monster atau hantu.


2) Momen ia merasa dicintai
Anak mengukur rasa sayang orang tua dengan perhatian yang diberikan. Misalnya, dengan menyediakan lilin untuk ditiupnya ketika ulang tahun, memberikan kado yang disukainya, dan menemaninya bermain bersama.




3) Hubungan Anda dan pasangan
Pelajaran tentang hubungan pertama kali dipelajari anak dari orang tua, yaitu Anda dan suami. Ia akan memerhatikan bagaimana Anda memperlakukan suami dan sebaliknya. Bahkan, saat beranjak dewasa, ia akan membanding-bandingkan hubungannya dengan pria atau wanita dengan hubungan kedua orang tua.


4) Ucapan orang tua
Anak akan selalu mengingat apapun yang Anda katakan kepadanya. Baik itu bentuknya afirmasi maupun kritik. Karena itu, hindari terlalu sering menggunakan gaya bahasa negatif dalam mengasuh anak. Berikan semangat dan pujian yang tidak berlebihan.


5) Kebiasaan atau tradisi keluarga
Anak akan mengingat kebiasaan yang diciptakan orang tua dalam keluarga, misalnya selalu berdoa sebelum tidur, makan bersama, menonton film setiap akhir pekan dan lain-lain. Kebiasaan itu akan jadi kenangan manis di masa depannya. Bahkan, tidak mustahil ia akan menerapkannya ketika mulai membangun sebuah keluarga kelak. (Meiskhe/HH/dok.Freepik)



Tags: keluarga,   momen,   kenangan,   anak,   orangtua,   hubungan,   positif,   negatif,   baik,   buruk










Cover Mei-Juni-Juli 2020