Mother&Baby Indonesia
4 Makanan Sehat untuk Detoks Pasca Lebaran

4 Makanan Sehat untuk Detoks Pasca Lebaran







Makanan yang tersaji pada hari Lebaran memang sangat menggoda ya, Moms. Mulai dari opor ayam, rendang, ketupat dan masih banyak lagi makanan lezat yang menggoda perut. Namun, tidak dapat disangkal bahwa makanan tersebut tidak baik bagi kesehatan. Berikut beberapa makanan yang dapat membantu proses detoks tubuh setelah libur panjang.

 

1. Oatmeal
Jika Anda merasa perut terasa penuh karena terlalu banyak makan sehari sebelumnya, maka havermut atau oatmeal adalah menu sarapan yang tepat. Kandungan serat yang ada di dalamnya baik untuk sistem pencernaan. Tambahkan buah yang kaya akan antioksidan, seperti varian berry, untuk membuatnya lebih bernutrisi lagi.




2. Buah-buahan
Konsumsi buah yang banyak mengandung air seperti semangka dan melon. Kandungan air tersebut akan menguras racun dalam tubuh dan membuat perut Anda tidak lagi kembung atau penuh. Anda dapat mengonsumsi buah langsung atau membuatnya menjadi smoothie.




3. Perbanyak protein
Hindari nasi putih dan gantikan dengan protein tanpa lemak seperti dada ayam. Anda juga dapat menggunakan protein yang berasal dari sayuran seperti kacang-kacangan.


4. Perbanyak sayur
Sayuran hijau banyak mengandung vitamin, mineral, dan serat yang baik bagi tubuh. Anda juga dapat mengolahnya menjadi beragam masakan, seperti tumisan, atau mencampurnya dengan buah dan menjadikannya sebagai green juice. (Nadia/HH/Dok. Pixabay.com)



Tags: makanan,   nutrisi,   sayur,   lebaran,   detox,   liburan