Mother&Baby Indonesia
4 Rahasia Agar Tetap Sehat dan Bugar Usai Lebaran

4 Rahasia Agar Tetap Sehat dan Bugar Usai Lebaran

Moms, godaan aneka hidangan lezat selama Lebaran akan membuat pola makan Anda jadi berantakan. Ditambah lagi, selama liburan lebaran, Anda lebih banyak bersantai dan kurang beraktivitas fisik. Apabila Anda tidak bisa mengontrol konsumsi makanan maka pasca Lebaran Anda akan benar-benar menjadi 'lebaran' alias gemuk daripada sebelumnya. Selain itu berbagai penyakit mungkin akan menyerang, seperti hipertensi, tingkat kolesterol naik, diabetes dan asam urat. Untuk itu, yang Anda butuhkan adalah mengonsumsi makanan bergizi dan berolahraga. Dua hal ini akan menjadikan tubuh Anda tetap sehat dan bugar. Nah, berikut rahasia agar tetap sehat dan bugar usai Lebaran!

 

1) Perbaiki pola makan
Jika di hari H Lebaran, Anda tak bisa menahan diri dari godaan kelezatan makanan yang tersaji di atas meja maka di hari berikutnya mulailah perbaiki pola makan Anda. Ada 3 hal yang perlu diperhatikan untuk mewujudkan pola makan yang baik yaitu, makan pada jadwal yang tepat, porsi yang pas dan jenis makanannya tentu saja yang bergizi. Anda juga wajib mengonsumsi sayur dan buah yang mungkin terlupakan selama Lebaran.



 

2) Hindari camilan manis dan berlemak
Buat Moms yang suka nyemil, sebaiknya ganti camilan dengan jenis yang sehat, seperti potongan buah, kacang-kacangan dan sebagainya. Sebaliknya, hindari makan cokelat, martabak, kue kering, cake dan es krim.

 



3) Banyak bergerak dan beraktivitas
Di hari H dan beberapa hari setelah Lebaran mungkin Anda masih disibukkan dengan beragam aktivitas seperti menyambut tamu dan bersilaturahmi ke rumah sanak saudara. Tapi setelahnya, banyak waktu yang santai dan longgar. Nah, jangan hanya menggunakan waktu itu untuk bermalas-malasan ya, Moms. Lebih baik gunakan bergerak, seperti berjalan-jalan ke tempat rekreasi, berenang bersama anak, ataupun berolahraga sendiri, seperti plank, yoga dan lain-lain.

 

4) Tidur secukupnya
Hindari sering begadang dan tidak tidur tepat waktu ya, Moms. Karena kualitas tidur yang buruk akan memengaruhi kualitas hidup Anda. Tidurlah sesuai dengan waktu yang dianjurkan yaitu 7-8 jam sehari. (Meiskhe/HH/dok.Freepik)



Tags: kesehatan,   nutrisi,   olahraga,   sehat,   bugar,   fit,   badan,   gizi,   nutrisi,   pola_makan








Cover Januari - Februari 2020