Mother&Baby Indonesia
Waspadai 6 Penyakit yang Sering Muncul saat Lebaran!

Waspadai 6 Penyakit yang Sering Muncul saat Lebaran!

Siapa yang tidak tergoda menyantap segala jenis makanan saat Hari Lebaran? Hampir semua makanan lezat tersaji, mulai dari yang berlemak, bersantan hingga yang manis-manis. Karena begitu menggugah selera, Moms pun seringkali mengabaikan kesehatan demi menikmati aneka makanan tersebut. Tapi, mengonsumsi makanan yang menjadi tradisi Lebaran sebenarnya tak sehat lho Moms karena akan menimbulkan beragam masalah kesehatan. Kira-kira masalah kesehatan apa saja yang bisa muncul? Yuk, simak di sini!


1) Kolesterol tinggi
Mengonsumsi terlalu banyak makanan berminyak dan berlemak  bisa menaikkan kadar kolesterol dalam darah. Akibatnya, kolesterol akan mengendap pada dinding arteri dan menghambat aliran darah dari jantung menuju otak dan anggota tubuh lainnya. Dengan kata lain, kolesterol tinggi dapat mengakibatkan risiko penyempitan arteri, stroke dan serangan jantung.


2) Gula darah meningkat
Karena sering mengonsumsi makanan dan minuman manis selama Lebaran, gula darah pun jadi naik. Apabila tidak terkontrol, Moms bisa mengalami penyakit kencing manis atau diabetes tipe 2. Gejala awalnya biasanya ditandai dengan nafsu makan meningkat, mudah lelah, sering haus, sering buang air kecil dan berat badan berkurang.



 

3) Diare
Ini adalah penyakit yang mudah dijumpai saat Lebaran. Paparan bakteri atau parasit pada makanan dan minuman yang dikonsumsi selama Lebaran menjadi penyebab Moms mengalami diare. Ditandai dengan kram perut dan sering BAB. Jangan pernah menganggap sepele diare ya, Moms karena bisa menimbulkan dehidrasi dan berakibat fatal.

4) Sembelit
Selain diare, tidak sedikit juga yang mengalami sembelit. Ini karena Anda jarang mengonsumsi makanan berserat seperti sayur dan buah selama Lebaran.




5) Maag
Maag adalah penyakit kambuhan yang mudah menyerang Anda akibat perubahan pola makan dari puasa ke Lebaran. Selain itu, terlalu banyak mengonsumsi makanan pedas dan berminyak juga menjadi penyebab penyakit lambung ini.


6) Hipertensi
Mengonsumsi makanan seperti sate, rendang dan gulai bisa memicu darah tinggi atau hipertensi lho, Moms.

Nah, agar tidak mengalami berbagai penyakit ini, hati-hati dengan asupan selama Lebaran ya! (Meiskhe/HH/dok.Freepik)



Tags: kesehatan,   penyakit,   sehat,   masalah,   makanan,   minuman,   diare,   sembelit,   maag,   gula_darah,   hipertensi










Cover Mei-Juni-Juli 2020