Mother&Baby Indonesia
3 Tips Memilih Asisten Rumah Tangga

3 Tips Memilih Asisten Rumah Tangga

Mom, salah satu hal yang cukup memusingkan adalah ketika menerima kabar bahwa asisten rumah tangga (ART) yang pulang kampung saat Lebaran ternyata memutuskan untuk tidak kembali bekerja. Kalau sudah begitu, artinya Anda harus kembali mencari ART baru yang terpercaya, yang juga tidak mudah. Nah, agar tidak salah pilih, lihat beberapa tips berikut ini ya, Moms:

 

1. Perhatikan Latar Belakang



Jika Anda mencari ART dari sebuah yayasan, periksa latar belakang dan reputasi yayasan atau agen tersebut. Disarankan pilihlah yayasan yang direkomendasikan dari teman dekat atau keluarga Anda. Namun, jika Anda mendapat ART bukan dari yayasan, tidak ada salahnya bila Anda mencari tahu latar belakang keluarganya. Mulai dari status pernikahan, anak, hingga kondisi keluarganya. Anda juga harus tahu dari mana asalnya.

 



2. Bagaimana Pekerjaan Sebelumnya?
Jika sebelumnya ia sudah pernah bekerja sebagai ART, cari tahu bagaimana pengalaman kerja calon ART Anda. Bila perlu, Anda bisa menanyakan langsung pada mantan majikan sebelumnya bagaimana hasil pekerjaan calon ART Anda selama bekerja di sana. Anda juga bisa menanyakan alasan mengapa ia berhenti dari pekerjaan sebelumnya.

 

3. Bicarakan tentang Jobdesk
Tidak ada salahnya untuk membicarakan tentang tugas apa saja yang akan dia lakukan selama bekerja dengan Anda. Apakah ia akan mengerjakan pekerjaan rumah dan membantu merawat Si Kecil, atau hanya memasak dan mencuci saja, semua bisa mulai Anda bicarakan. Dengan begitu, Anda bisa melihat komitmennya, apakah ia bersedia menjaga Si Kecil saat Anda bekerja atau tidak. (Aulia/HH/dok.freepik)



Tags: asisten_rumah_tangga,   art,   tips,   lebaran,