Mother&Baby Indonesia
5 Manfaat Mengenalkan Finger Food pada Si Kecil

5 Manfaat Mengenalkan Finger Food pada Si Kecil

Moms, tangan mungil Si Kecil mulai bisa memegang/menggenggam? Coba tawarkan Si Kecil finger food atau makanan yang bisa dipegang sendiri. Hal ini  ternyata sangat penting untuk pembelajaran dan perkembangannya. Anda dapat secara perlahan memberikan sedikit demi sedikit finger food agar Si Kecil dapat mengeksplorasi makanannya.

 

Nah, selain mengenal rasa dan tekstur yang berbeda, berikut beberapa manfaat memberikan finger food untuk Si Kecil:



 

1. Belajar Menjepit
Si Kecil akan mencoba kemampuan menjepit makanan dengan menggunakan telunjuk dan jempolnya. Lalu, ia akan berusaha untuk membawa makanan tersebut ke mulutnya. Nah, koordinasi yang terjalin antara jari, mata dan mulut ini sangat bermanfaat untuk perkembangan milestone-nya.

 

2. Perkembangan Bicara
Gerakan menggigit dan mengunyah dapat membantu Si Kecil mengembangkan otot dan keterampilanberbicara serta memperkuat otot di sekitar rahangnya. Berikanlah makanan bertekstur yang berbeda seperti mangga, pisang, kacang, manggis dan beberapa sayuran tebal untuk mendorong perkembangan ucapan Si Kecil.

 

3. Mengurangi Rewel
Memperkenalkan makanan dengan variasi tekstur dan bentuk membantu Si Kecil sibuk untuk memasukkan makanan ke dalam mulutnya. Ini dapat mengurangi rewel ketika ia makan. Anda dapat memberikannya snack kecil untuk menambahkan variasi bentuk makanan.

 

4. Meningkatkan Perkembangan Sensoris
Jari Si Kecil akan dengan mudah mengenal makanan yang ia sukai hanya dengan memegangnya. Anda jadi mengetahui makanan mana yang ia suka dan tidak. Bila Si Kecil membuang makanan setelah ia mencicipinya, kemungkinan itu tanda Si Kecil tidak suka atau bosan dengan makanan tersebut.



 

5. Melatih Kemandirian
Si Kecil akan terbiasa makan sendiri tanpa perlu disuapi. Ini akan melatih kemandirian dalam dirinya.

Yuk, mulai memberikan finger food pada Si Kecil! (Seva/HH/Dok. M&B UK)

BACA JUGA:

4 Tips Agar Si Kecil Gemar Mengonsumsi MPASI

10 Rekomendasi MPASI untuk Baby Led Weaning

Ragam Finger Food untuk Bayi

 



Tags: finger food,   makan,   balita,   mpasi,   makanan rumahan








Cover Januari - Februari 2020